Mohon tunggu...
Frans
Frans Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Negeri

Mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bosan Belajar Bahasa Asing dengan Hanya Membaca Buku?? Lakukan Ini!!

10 Agustus 2022   14:29 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:05 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Halo semuanya !!!!

Saya harap para pembaca selalu sehat dan diberi rezeki oleh Tuhan. Pada kesempatan, kali ini saya akan membagi lagi nih seputar pengalaman saya dalam belajar bahasa asing. Yup, bahasa asing yang saya pelajari adalah bahasa Prancis.

Saya sudah belajar kira-kira 1,5 tahun. Jujur dalam waktu 1,5 tahun ini banyak momen-momen yang saya lalui dalam bahasa Prancis. Momen yang semua orang rasakan ketika mempelajari suatu bahasa asing ialah rasa bosan dan jenuh membaca buku bahasa asing.

Saya juga mengalami hal yang serupa. Baru lima menit membaca buku, mata terasa berat dan mulut menguap. Ya, sangat membosankan hanya dengan membaca buku, bukan ??

Apakah hanya dengan membaca bukukah kita bisa menguasai bahasa asing ?? Engga, sob !! Beberapa cara dapat dilakukan untuk menunjang penguasaan bahasa asing dan beberapa cara ini saya juga gunakan ketika saya merasa bosan dan jenuh membaca buku bahasa asing.

1. Mencari Teman yang Bisa Diajak Mengobrol Bahasa Asing

Yup, cara ini cukup efektif untuk melatih kemampuan berbahasa asing dengan teman yang bisa diajak menjadi lawan bicara kita. Karena poin utama dalam belajar bahasa asing adalah berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakan bahasa asing tersebut.

Kita bisa mengajak orang-orang terdekat kita untuk mengobrol menggunakan bahasa asing mulai dari ayah,ibu, saudara kita, keluarga, teman, guru, dll.

Pengalaman saya dalam mencari teman yang bisa diajak mengobrol menggunakan bahasa Prancis yaitu berteman dengan seorang polyglot. Polyglot adalah orang yang bisa banyak bahasa.

Teman saya ini juga seorang YouTuber yang mengupload video mengenai pembicaraan menggunakan banyak bahasa asing dengan berbagai orang di seluruh penjuru dunia menggunakan aplikasi OmeTv. Saya tidak sengaja melihat videonya di YouTube menggunakan bahasa Prancis.

Kemudian, saya iseng mengirim pesan di Instagram dan ternyata dibalas olehnya. Mulai dari situ, saya sudah beberapa kali berkomunikasi dengannya menggunakan bahasa Prancis.

2. Menonton Video Bahasa Asing dengan Latihan Shadowing

Bagaimana jika saya tidak memiliki teman yang bisa diajak ngobrol karena lingkungan saya di sekitar saya tidak ada yang bisa diajak ngobrol ?? Pertanyaan ini juga cukup sering saya dengar dari teman-teman saya yang juga ingin belajar bahasa asing namun terkendala tidak adanya lawan bicara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun