Mohon tunggu...
Fransiskus K. Doken
Fransiskus K. Doken Mohon Tunggu... Membangun Indonesia Dari Pinggiran

Bekerja di BKKBN Flotim, Kompasianer,Penulis Website adobaladesa.id

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Indahnya Pantai Waijole, Destinasi Alternatif Wisata Lokal di Pulau Adonara NTT

16 Januari 2020   02:00 Diperbarui: 16 Januari 2020   02:09 3 0 0 Mohon Tunggu...
Indahnya Pantai Waijole, Destinasi Alternatif Wisata Lokal di Pulau Adonara NTT
Pantai Waijole di Adonara NTT--dokpri

Liburan akhir tahun dan awal tahun lazim dilakukan banyak orang. Orang-orang kelas atas memilih berwisata ke luar negeri. Sedangkan mereka kelak menengah memilih ke luar kota dalam negeri. Namun orang kampung seperti saya pasti akan memilih bersantai di pantai terdekat sebagai alternatif. Walau destinasi lokal keindahannya tak kalah bersaing dengan yang telah tersohor.

Di Adonara ada banyak pantai yang telah cukup terkenal. Tapi, saya yakin pantai yang satu ini belum anda kunjungi. Pantai Waijole orang-orang menyebutnya, pantai Waijole berada di Crowerian Desa Duwanur, Kecamatan Adonara Barat. Di pantai Waijole anda akan mendapatkan hamparan pasir yang panjangnya ratusan meter ke sebelah timur.

Sedangkan sebelah barat ada berjejeran kerikil-kerikil pantai dengan berbagai warna. Ketika senja tiba mata anda akan dimanjakan dengan warna jingga mentari yang jatuh di ujung Ile Mandiri, sungguh ini pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Pantai ini juga diapit oleh dua muara sungai yang dapat anda gunakan untuk mandi dan bersenang-senang.

Jika anda berniat untuk mengunjungi Pantai Waijole, tak perlu membawa bekal yang banyak, cukup anda sediakan beberapa ratus ribu rupiah. Lantaran di tempat ini tersedia jagung muda, pisang, ikan lele dibeberapa kolam yang bisa anda tukar dengan lembaran rupiah anda. Namun semua yang telah anda tukar dengan lembaran rupiah anda silakan anda olah sendiri sesuai selera anda.

Untuk mengunjungi destinasi wisata Pantai Waijole sangat mudah. Dari arah Tobilota, anda dapat melewati jalur trans Tobilota -- Koli, sedangkan dari bagian timur anda dapat melalui jalur Koli -- Waiwadan. Jika anda melalui jalur tengah Lite -- Wewit -- Waikewak maka setiba di simpang Waikewak anda belok kanan ke arah Koli, sekira 500 meter anda mendapatkan lorong menuju Pantai Waijole.

VIDEO PILIHAN