Mohon tunggu...
Fransiskus K. Doken
Fransiskus K. Doken Mohon Tunggu... Membangun Indonesia Dari Pinggiran

Bekerja di BKKBN Flotim, Kompasianer,Penulis Website adobaladesa.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Warisan Leluhur (Kewatek dan Nowing) Hiasi Pasar Senadan Pulau Adonara, NTT

8 Desember 2019   13:01 Diperbarui: 8 Desember 2019   13:10 14 0 0 Mohon Tunggu...
Warisan Leluhur (Kewatek dan Nowing) Hiasi Pasar Senadan Pulau Adonara, NTT
 Aktivitas Pasar Senadan Kecamatan Ile Bolengg, Flotim NTT

Kecamatan Ile Boleng yang terletak di pulau Adonara, NTT adalah salah satu penghasil kerajinan tenun ikat dengan berbagai motif dengan warna-warni bergaris lurus lebar. Tidak lain adalah Kewatek dan Nowing, dan juga Senae (selendang). Pasar Senadan yang terletak di desa Helan Lango Wuyo, Pulau Adonara ,NTT selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat yang di buka setiap dua hari dalam seminggu, yaitu hari Rabu dan Sabtu. 

Berbagai cara pun terus dilakukan para penenun untuk mempromosikan salah satu ciri khas keadonaraan itu.

Selain di jual belikan di luar daerah, di daerah sendiripun gencar dilakukannya. Salah satu pasar yang terletak di Desa Helan Lango Wuyo, Kecamatan Ile Boleng yang di buka hari Rabu dan Sabtu itu menjadi tempat nostalgianya para pengrajin tenun dalam kaitan dengan urusan transaksional itu.

Para pengrajin tenun yang berasal dari 21 desa berlomba-lomba memasarkan produk warisan leluhur itu.Variasi hargapun menjadikan tawaran menarik para pengunjung pasar. Menurut salah satu pengrajin asal desa Nobo yang dikonfirmasi media, variasi harga tergantung dari motifnya, ada yang 300 ribu, 250 ribu, dan selandangnya 50 ribu. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x