Mohon tunggu...
Firmansyah
Firmansyah Mohon Tunggu... Guru - #TeacherBlogger

I'm a proud #TeacherBlogger who loves Writing, Traveling, and Taking Pictures. Currently teaching English, Arabic and several Arabic-related lessons at one of Islamic Boarding Schools in Tangerang, Banten. Visit my blog at www.bangfirman.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Meneroka Masa Depan Danau Toba Sebagai Ikon Pariwisata Kelas Dunia

27 September 2021   00:00 Diperbarui: 27 September 2021   02:42 164 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meneroka Masa Depan Danau Toba Sebagai Ikon Pariwisata Kelas Dunia
Tangkapan layar dari video "Danau Toba - The Biggest Caldera Lake in The World" di kanal YouTube Tour Film Fest Bulgaria.

"Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. "

Begitulah jawaban sekaligus pernyataan yang cukup populer dan kerap kita dengar dari masyarakat jika ditanya tentang Danau Toba, termasuk ketika saya iseng bertanya kepada beberapa murid saya sendiri di yayasan pendidikan tempat saya mengajar dan mengabdikan diri. 

Sebagai murid sekolah yang berdomisili di Pulau Jawa dan belum pernah ke Danau Toba, pengetahuan mereka tentang Danau Toba hanya berkisar pada titel Danau Toba sebagai danau terbesar di Indonesia, letaknya yang berada di Provinsi Sumatera Utara, terdapat pulau bernama Samosir di bagian tengahnya, dan sekelumit kisah legenda Danau Toba.

Ya, itu memang segelintir fakta yang ada di lapangan. Bagi sebagian masyarakat, pengetahuan tentang Danau Toba bisa jadi hanya sebatas pada informasi yang didapatkan dari buku pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dahulu saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar atau Menengah. 

Padahal, masih banyak pesona keindahan dan keunggulan Danau Toba yang perlu untuk diketahui, diulik, dan ditelusuri lebih jauh oleh masyarakat. Berbagai potensi pariwisata yang memesona pastinya juga akan membuat Danau Toba jauh lebih berkesan istimewa, sehingga tak hanya sekadar diketahui titelnya sebagai danau terbesar di Indonesia, melainkan juga sebagai destinasi wisata utama Wonderful Indonesia.

Danau Toba 'Bersinar' di Bulgaria

Berbicara tentang Wonderful Indonesia, sebagai warga negara Indonesia, kapan terakhir kali Anda merasa takjub dan bangga dengan kekayaan dan keanekaragaman pariwisata yang dimiliki Indonesia? Bahkan sampai menangis terharu dan bulu kuduk terasa berdiri karena saking bangganya dengan kekayaan dan potensi pariwisata di Indonesia, pernah? 

Saya? Tentu saja pernah, bahkan sering. Salah satunya saat mengetahui bahwa Danau Toba pernah mendapatkan apresiasi luar biasa dari dunia pariwisata internasional. Tahukah Anda bahwa Danau Toba pernah 'bersinar' dan meraih penghargaan di International Tourism Film Festival (ITFF) di Bulgaria? 

Siapa sangka, pada bulan-bulan awal pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, kabar menggembirakan justru datang dari dunia pariwisata Tanah Air. Film pariwisata Indonesia yang menggambarkan ragam pesona keindahan alam dan budaya Danau Toba di Sumatera Utara, berjudul “Danau Toba-The Biggest Caldera Lake in the World”, berhasil meraih penghargaan pada International Tourism Film Festival (ITFF) pada tahun 2020 yang lalu di Bulgaria.

Model gadis bule yang ikut menari tarian Tor-Tor (Sumber: Video
Model gadis bule yang ikut menari tarian Tor-Tor (Sumber: Video "Danau Toba - The Biggest Caldera Lake in The World")
Informasi penghargaan dalam ITFF ke-16 pada 4 Mei 2020 tersebut disampaikan langsung Duta Besar RI untuk Bulgaria Sri Astari Rasjid ke Kemenparekraf. Dalam ajang festival film yang diikuti 119 negara sejak tahun 2014 itu, film pendek tentang Danau Toba yang diproduksi secara langsung oleh Kemenparekraf ini berjaya di kategori Region Promotional Film. 

Film pendek berdurasi sekitar 3 menit itu pada intinya memandu wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke danau kawah raksasa yang berada di ketingian 900 meter di atas permukaan laut ini, dengan model gadis bule cantik berambut pirang panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan