Mohon tunggu...
Fiki Nurdiana
Fiki Nurdiana Mohon Tunggu... Administrasi Pendidikan 2018

Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Alasan Siswa SMP Lebih Banyak Pilih SMA daripada SMK

14 April 2021   15:14 Diperbarui: 14 April 2021   15:30 74 1 0 Mohon Tunggu...

Di zaman sekarang memilih pendidikan lanjutan sangat penting bagi siswa, tentunya para siswa yang telah lulus sekolah akan berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah yang dianggapnya tepat dan terfavorit didaerahnya. Ada banyak factor yang mempengaruhi minat siswa SMP untuk memilih melanjutkan pendidikan SMA dari pada SMK, menurut Hurlock (2010:139) dalam Rahmawati & Ahmad (2019). mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat anak pada sekolah yaitu:

  • Pengaruh orang tua
  • Teman sebaya
  • Keberhasilan akademik
  • Pengalaman dini sekolah
  • Sikap terhadap pekerjaan
  • Hubungan guru dan murid dan 
  • Suasana emosional sekolah.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali factor factor yang mepengaruhi siswa SMP dalam pemilihan sekolah lanjutan. Namun sampai saat ini banyak siswa SMP yang memilih untuk mendaftar di SMA dari pada SMK bahkan menurut Kementrian Pendidikan dan Budaya di daerah DKI Jakarta perkembangan jumlah SMA baik negeri maupun swasta cenderung konstan dari tahun ajaran 2016/2017 sampai 2018/2019 . Di beberapa daerah di Indonesia banyak siswa lulusan SMP lebih memilih untuk melanjutkan di SMA karena pendidikan SMK dibeberapa daerah selain di daerah perkotaan masih banyak sekali pendidikan SMK yang tidak memenuhi standar seperti tidak memadainya fasilitas dan alat alat kebutuhan di SMK, sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa SMK merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang mengembangkan soft skill dan hard skill yang tidak diajarkan di SMA dan lebih banyak praktek dari pada teori. Di beberapa daerah diluar kota SMK masih banyak yang sarana dan prasarananya yang dibutuhkan tidak lengkap sehingga menyulitkan siswa untuk melaksanakan praktek.

Tidak hanya itu bahkan beberapa media memberitakan bahwa minat siswa lulusan SMP untuk melanjutkan pendidikan SMK masih rendah jika dilihat dari jumlah sekolah di Indonesia masih lebih banyak SMK dari pada SMA, karena berangkapan bahwa lulusan SMA dan SMK sederajat di dunia kerja bahkan banyak sekali lowongan pekerjaan yang diperuntukan untuk SMK seperti bagian Administrasi yang sudah jelas ada jurusannya di SMK tapi tetap menyetarakan lulusan SMA dan SMK sehingga banyak siswa berpikir bahwa lulusan SMA dan SMK sama saja di dunia kerja, bahkan untuk siswa yang sejak awal memiliki tujuan utama ingin melanjutkankan pendidikan keperguruan tinggi biasanya akan lebih memilih SMA, sehingga apabila siswa SMP melanjutkan SMA dan perguruan tinggi maka akan lebih di pilih di dunia kerja dari pada lulusan SMK.

SOLUSI

            Untuk meningkatkan minat siswa SMP dalam melanjutkan pendidikan di SMK hal yang utama yang harus di perbaiki adalah dengan meningkatkan fasilitas dan memberikan sarana dan prasarana yang baik untuk sekolah SMK di berbagai daerah, pemerintah juga harus mempertahitakan sekolah SMK di beberapa daerah serta melengkapi dan memberikan alat alat yang dapat dipakai untuk praktek siswa di sekolah.

            Selain itu SMK juga harus dapat menyiapkan bursa khusus lowongan pekerjaan untuk lulusannya, SMK harus memperluas jaringan untuk bekerja sama dengan beberapa perusahaan agar lulusan SMK dapat bekerja di perusahaan tersebut.

            Pemerintah dan beberapa instansi tidak menyetarakan lulusan SMK yang telah memiliki pengalaman dalam bekerja ketika magang dengan lulusan SMA yang belum memiliki pengalaman bekerja ataupun magang.

Rahmawati, W. K., & Ahmad, A. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMA NURIS JEMBER. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(1), 38-49

http://statistik.jakarta.go.id/perbandingan-sma-dan-smk-di-dki-jakarta/

Republika

VIDEO PILIHAN