Mohon tunggu...
Fitri Sulastri
Fitri Sulastri Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi Pascasarjana Institut Madani Nusantara (IMN) Kota Sukabumi

Hobi Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan dengan Bermain Peran (Role Playing)

31 Juli 2022   20:21 Diperbarui: 2 Agustus 2022   22:52 102 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Dalam suatu kegiatan pembelajaran guru di tuntut untuk dapat memenuhi tujuan yang hendak di capai. Namun, dalam prosesnya suasana pembelajaran sering kali dianggap membosankan oleh kebanyakan siswa. Siswa bahkan menghiraukan guru yang sedang menjelaskan dengan mengobrol bersama temannya dan ada juga yang bahkan mengantuk. 

Berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran.  Salah satu solusi untuk menghindarkan siswa dari kebosanan adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga memberi kesan yang menarik dan dapat di ingat siswa.

Salah satu cara dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan memilih model pembelajaran yang dirasa tepat serta mengimplementasikannya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Diantara berbagai macam model pembelajaran yang ada, model pembelajaran bermain peran (role playing) dapat memberikan kesan dalam pembelajaran serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Menurut Santoso (2011) model pembelajaran bermain peran (role playing) merupakan suatu cara penugasan bahan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan .

Model pembelajaran bermain peran (role playing) lebih menekankan pada permainan gerak dan siswa biasanya dilatih untuk memahami, menjiwai serta memperagakan suatu adegan (drama) demi mengilustrasikan suatu pembahasan pembelajaran.

Menurut Zaini (2008) terdapat 3 aspek dalam bermain peran, diantaranya ;

1. Pengambilan Peran (role playing)

Guru menentukan siswa mana yang akan memerankan suatu ilustrasi yang sedang di bahas

2. Membuat Peran (role making)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan