Mohon tunggu...
Fitri IstiAnatul Mukarromah
Fitri IstiAnatul Mukarromah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cermat Memilih Makanan Sehat dan Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Bagi Tubuh

13 November 2022   15:21 Diperbarui: 13 November 2022   18:20 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Perkembangan makanan di era globalisasi saat ini sudah semakin inovatif dan variatif. Oleh karena itu tidak jarang banyak sekali pembuatan dan pengolahan makanan yang tidak memperhatikan aspek kebersihan. Sehingga kita tidak tahu mana makanan yang sehat dan mana yang tidak. Mata manusia juga seolah telah dibutakan oleh berbagai macam dan bentuk makanan yang semakin inovatif. 

Mereka tak berfikir secara lebih mendalam tentang apa akibatnya jika memakan makanan yang sembarangan. Tetapi jika kita lebih teliti lagi dalam memilih makanan, kita dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti jika mata kita terpenuhi vitamin A maka penglihatan mata akan baik, jika tubuh terpenuhi vitamin C maka mulut akan terhindar dari sariawan dan lain sebagainya.

Makanan adalah salah satu komponen penting bagi tubuh, di mana tubuh membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi yang terdiri atas protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat agar menambah stamina dan daya tahan tubuh. Tanpa makanan, tubuh akan kehilangan cairan tubuh yang dapat mengakibatkan tubuh seseorang menjadi lemas dan tidak dapat menopang tubuhnya untuk berdiri tegak.

Menurut penelitian, bahwasanya makanan sehat berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melangsungkan kehidupannya, karena dalam bahan makanan terdapat zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan yang sehat berguna pula untuk memberi tenaga dan panas badan, memperbaiki sel-sel yang rusak, memberi rasa kenyang, untuk kepuasan dan pertumbuhan.

Mengonsumsi makanan sehat jelas penting untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan penyakit dari tubuh. Penelitian tidak henti-hentinya menghubungkan dan membuktikan bahwa kemunculan penyakit serius pada seseorang biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk. 

Misalnya, makan sehat dapat secara drastis mengurangi peluang terkena penyakit jantung dan kanker, salah dua pembunuh terkemuka di dunia. Pola makan yang baik dapat meningkatkan semua kualitas dalam aspek kehidupan. Mulai dari fungsi otak hingga kinerja fisik.

Tubuh juga membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan agar tetap berfungsi dengan baik. Di dalam tubuh, makanan yang masuk akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat penting untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Selain menjadi sumber nutrisi dan energi tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat juga dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat otot dan tulang, menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga mempertahankan berat badan ideal.

Jenis-jenis makanan sehat berdasarkan pengelompokannya yang bisa kita konsumsi setiap hari antara lain:

  • Sayuran : Sayur memiliki peran mendasar pada jenis makanan sehat. Sayur rendah kalori namun penuh dengan mikronutrien dan serat penting.
  • Buah-buahan : Buah adalah makanan manis alami yang menyediakan zat gizi mikro dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan.
  • Daging dan ikan : Daging dan ikan telah menjadi sumber utama protein sepanjang sejarah. Bahan makanan jenis ini adalah makanan pokok dalam daftar makanan manusia.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian : Kedua bahan makanan ini adalah salah satu sumber lemak terbaik yang tersedia dan juga mengandung zat gizi mikro penting.
  • Telur : Telur dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat. Semua jenis telur mengandung kombinasi protein yang kuat, lemak bermanfaat, dan zat gizi mikro.

Sumber video : Nurul Apriliandaru

Dalam Islam, mengonsumsi makanan sehat juga sangat dianjurkan. Menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makan dan minum yang halal dan thoyyib merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. 

Makanan yang halal dan thoyyib artinya makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. Halal dalam pemahaman fuqaha adalah halal dari segi zatnya dan prosesnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun