Mohon tunggu...
Fitri Haryanti Harsono
Fitri Haryanti Harsono Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis Kesehatan Liputan6.com

Fitri Haryanti Harsono, akrab disapa Oshin, berprofesi sebagai Jurnalis Kesehatan Liputan6.com di Jakarta, Indonesia. Meraih Penghargaan The Best Employee KapanLagiYouniverse (KLY) 2019. Fitri menyelesaikan beasiswa untuk menggarap liputan khusus imunoterapi kanker periode November-Desember 2019. Dalam penulisan, Fitri spesialisasi menulis feature/investigasi reporting/indepth-reporting. Terhubung dengan Fitri di Twitter @v3_aishiteru dan Facebook. Email: fitri.harsono91@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lebaran Tak Biasa Nan Istimewa Ala Jurnalis

27 Mei 2020   15:07 Diperbarui: 27 Mei 2020   15:04 140 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lebaran tahun 2020 saat pandemi Covid-19 yang tak biasa ala jurnalis. (Ilustrasi pexels.com/Cristian Dina)

Masih suasana Lebaran, bagi aku sebagai jurnalis, Hari Raya Idulfitri tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 memang tak biasa. Bila pada tahun-tahun sebelumnya, undangan buka puasa bersama narasumber, public relation/PR, humas institusi/lembaga, dan teman-teman jurnalis lain bak antrean, kali ini berganti saling sapa secara virtual. Istilah Lebaran virtual atau Lebaran online ini yang mencuat.

Mohon maaf lahir bathin Fitri dan keluarga, selamat Idul Fitri ya.

Kami sekeluarga memohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan dan kekhilafan...

TAQOBBALALLAAHU MINNAA WA MINKUM,

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H .

Wassalamualaikum Wr Wb .

Tepat di hari Lebaran pada 24 Mei 2020, dua pesan di atas masuk lewat chat WhatsApp aku dari beberapa narasumber, baik dokter maupun pengamat/pakar kesehatan. Sungguh terasa istimewa ucapan selamat Lebaran tersebut. Karena biasanya aku yang lebih dulu mengirimkan ucapan Lebaran kepada sejumlah narasumber.

Intensitas mengontak atau menghubungi narasumber selama kerja dari rumah (work from home) yang cukup sering mungkin salah satu pendorongnya. Perusahaan media, tempat aku bekerja menerapkan WFH sejak 16 Maret 2020. Selama WFH tersebut, aku dan teman-teman redaksi diimbau harus tetap aktif menghubungi narasumber.

Situasi Covid-19 yang terus berkembang, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), perkembangan jumlah kasus, dan seputar tenaga medis yang menangani Covid-19 tetap membutuhkan konfirmasi dan pandangan dari para pakar kesehatan. Aku pun harus menghubungi narasumber demi memeroleh penjelasan terhadap kasus yang terjadi. Memperkaya tulisan pemberitaan.

Interaksi dan Relasi yang Baik

Interaksi yang cukup sering menghubungi narasumber saat WFH ini boleh dibilang cara menjalin relasi yang baik. Sering pula beberapa dokter yang biasa aku wawancarai mengirimkan rilis, video, dan agenda diskusi virtual. Aku pun menyambut baik dan senang.

"Terima kasih Dok atas share rilis/videonya. Siap dibaca/didengarkan," balasku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan