Mohon tunggu...
Fitri Fithrotun Nisa
Fitri Fithrotun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hello everyone! Happy Reading1!1!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Prinsip Manajemen PAUD di TK Bina Bangsa Islamic School Serang

30 Desember 2021   21:03 Diperbarui: 30 Desember 2021   21:07 1018
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Ibu Tersinida, M.Si sedang memaparkan materi kepemimpinan (dokpri)

Pada hari Kamis, 23 Desember 2021 Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan dalam Satuan PAUD mengadakan kunjungan pada suatu lembaga pendidikan yaitu TK Bina Bangsa Islamic School yang beralamatkan di Jl. Jend Sudirman No. 25B Komp. Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. 

Kunjungan ini mempunyai maksud untuk mengetahui Kepemimpinan Pendidikan Dalam Satuan PAUD yang diterapkan oleh TK Bina Bangsa Islamic School Serang. Sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa mendengarkan penjelasan yang dipaparkan oleh Ibu Tersinida, M.Si selaku kepala sekolah tentang pengimplementasian Kepemimpinan dalam Satuan PAUD di TK Bina Bangsa Islamic School. 

Mahasiswa melakukan kegiatan observasi melihat ruangan atau fasilitas yang berada pada TK Bina Bangsa Islamic School yang dipandu oleh guru dari TK tersebut.

Prinsip manajemen dalam menjalankan sebuah lembaga pendidikan TK/PAUD adalah Komitmen, Profesionalitas, Koordinasi (kesatuan kerja) dan Kepemimpinan (leadership). Hendaknya seorang pemimpin atau kepala sekolah memperhatikan prinsip-prinsip manajemen Pendidikan tersebut, hal ini dimaksudkan supaya lembaga yang dikelolan dapat menjadi lembaga yang sukses sampai kapanpun. Berdasarkan observasi atau kunjungan mahasiswa, penulis melihat TK Bina Bangsa Islamic School sudah menerapkan ke-empat prinsip-prinsip kepemimpinan, yaitu :

  1. Komitmen

Prinsip komitmen merupakan landasan bagi manajemen penyelenggara pendidikan TK/PAUD. Pendidik (guru), orangtua, dan penyelenggara hendaknya memiliki komitmen agar tujuan pendidikan lembaga yang berfokuskan pada optimalisasi tumbuh kembang anak mampu berkembang secara maksimal. Prinsip komitmen TK/PAUD telah diterapkan dengan baik oleh lembaga TK Bina Bangsa Islamic School. Adanya keselarasan berupa kesadaran antara orangtua dengan pendidik di TK Bina Bangsa Islamic School mengenai komitmen sebagai suatu pondasi utama dalam memberikan warna serta terbentuknya unsur kepribadian anak. Penyelenggara serta pendidik di TK Bina Bangsa memiliki komitmen dalam memberikan sebuah pembelajaran berupa pemahaman keilmuan dan praksis pendidikan di TK/PAUD sehingga TK Bina Bangsa Islamic School memiliki karakteristik yang khas pada setiap aspek pembelajarannya. Bentuk komitmen yang diimplementasikan yaitu mengoptimalisasi tumbuh kembang anak melalui pembelajaran model sentra. Adanya komitmen antara penyelenggara TK Bina Bangsa Islamic School dengan pendidik maupun orangtua anak menjadikan lembaga ini mempunyai bonding atau kerjasama team yang kuat sehingga mampu memaksimalkan perkembangan anak dan mampu membawa dampak positif bagi lembaga TK Bina Bangsa Islamic School Serang.

2. Profesionalitas

Prinsip profesionalitas penyelenggaraan Lembaga PAUD merupakan prinsip yang paling penting dan juga paling mendasar sebagai pembeda dengan pengelolaan lembaga yang non professional. Prinsip manajemen profesionalitas yang diimplementasikan terhadap sekolah TK Bina Bangsa Islamic School ialah kesesuaian antara landasan konseptual penyelenggaraan dengan praktik pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Kesesuaian tersebut menunjukkan bahwa TK Bina Bangsa Islamic School menguasai konsep-konsep dasar penyelenggaraan dengan praktik pelaksanaan pembelajarannya. Prinsip profesionalitas juga diterapkan pada kepala sekolah dan para pendidik dimana kemampuan serta keahlian kepala sekolah hingga guru tidak diragukan lagi pada bidangnya. Kepala sekolah hingga guru telah berpengalaman dalam mengajar sehingga mampu melakukan tugasnya sebagai pemimpin maupun seorang pendidik dengan kemampuan yang maksimal dan juga berkompeten sesuai dengan kriteria pendidik yang professional.

3. Kordinasi (Kesatuan Kerja)

Prinsip kordinasi penyelenggaraan pendidikan di lembaga PAUD harus didasarkan pada adanya koordinasi yang baik dan jelas antara guru sebagai pelaksana langsung yang berhadapan dengan orang tua dan anak, kepala sekolah sebagai pembina dan pengawas serta yayasan sebagai lembaga yang memayungi. Prinsip koordinasi merupakan suatu usaha untuk menggerakkan dan melibatkan semua sumber daya manusia sebagai satu kesatuan untuk mencapai satu tujuan yang sama. Melalui upaya ini, kegiatan manajerial akan memberikan ruang gerak yang sama antara seluruh komponen sumber daya manusia serta fungsi dan kedudukannya. Di TK Bina Bangsa Islamic School kepala sekolah dan guru-guru sudah melakukan kordinasi dengan baik terhadap Yayasan atau pun orang tua dan anak yang berada di lingkungan TK Bina Bangsa Islamic School, sehingga TK Bina Bangsa Islamic School ini menjadi salah satu TK yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen.

4. Kepemimpinan 

Kepemimpinan memegang peranan penting dalam mengelola penyelenggaraan lembaga Pendidikan PAUD. Kepemimpinan terkait secara langsung dengan seluruh aspek penyelenggaraan lembaga pendidikan PAUD. Kepemimpinan yang baik harus dimulai pada pemahaman secara utuh tentang seluruh komponen penyelenggaraan lembaga PAUD, menyamakan persepsi tentang arah dan proses penyelenggaraan lembaga PAUD serta proses monitoring dan evaluasi terhadap proses dan keberhasilan penyelenggaraan lembaga PAUD. Prinsip kepemimpinan dalam penyelenggaraan TK. PAUD dipegang sepenuhnya oleh kepala lembaga  atau guru yang ditunjuk. Oleh karena itu, kepemimpinan kepada lembaga memegang peranan penting dan kunci bagi keberhasilan pengembangan lembaga, peningkatan kesejahteraan guru maupun berbagai pengembangan inovasi lainnya.

TK Bina Bangsa Islamic School memiliki 5 kepemimpinan satuan PAUD yaitu:

  • Kepemimpinan formal merumuskan visi-misi dan tujuan organisasi
  • Kepemimpinan administratif membina administrasi organisasi sekolah untuk mewujudkan 8 SNP (stppa, isi, proses, PTK, sarpras, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan.
  • Kepemimpinan supervisi membantu dan membimbing anggota agar bisa melaksanakan tugas dengan baik.
  • Kepemimpinan organisasi untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif, sehingga anggota bekerja dengan penuh semangat dan produktif.
  • Kepemimpinan tim membangun kerja sama yang baik diantara semua anggota agar bisa mewujudkan tujuan organisasi secara optimal.

Dengan diselenggarakannya kunjungan TK Bina Bangsa Islamic School dengan materi implementasi kepemimpinan: prinsip kepemimpinan diharapkan pendidik (guru), penyelenggara, serta orang tua dapat menjadikan TK Bina Bangsa Islamic School sebagai acuan dalam pembelajaran.



Penulis Artikel

Kelompok 10 

1800326 Amroyatis Naini 

1801022 Fitri Fithrotun Nisa 

1904295 Nurrul Az Zahra

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun