Mohon tunggu...
dafit
dafit Mohon Tunggu... Freelancer - manusia

Hutan, gunung, sawah, lautan

Selanjutnya

Tutup

Bola

Eusebio: Kilau Sepak Bola Portugal yang Abadi

18 Agustus 2023   17:14 Diperbarui: 29 Agustus 2023   10:38 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam dunia sepakbola, Eusebio da Silva Ferreira, atau lebih dikenal dengan nama Eusebio, adalah sosok yang tak terlupakan. Ia adalah legenda Portugal yang telah meninggalkan kilau abadi dalam sejarah sepakbola.

Lahir pada 25 Januari 1942 di Mozambik, yang saat itu merupakan koloni Portugal, Eusebio menemukan cinta pada sepakbola sejak usia muda. Karier profesionalnya dimulai pada tahun 1961 ketika ia bergabung dengan klub Benfica di Portugal.

Eusebio dikenal karena kecepatan, kelincahan, dan ketepatan tembakan yang mematikan. Ia adalah striker yang sangat produktif, mampu mencetak gol dari berbagai posisi dan dalam berbagai situasi. Gaya permainannya yang elegan dan ketenangannya di depan gawang menjadikannya pemain yang dihormati dan ditakuti oleh para bek lawan.

Puncak karier Eusebio terjadi pada Piala Dunia FIFA 1966 di Inggris. Ia membawa timnas Portugal mencapai semifinal dan tampil gemilang sepanjang turnamen. Eusebio mencetak sembilan gol selama turnamen dan meraih Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak, serta Ballon d'Or sebagai pemain terbaik di dunia pada tahun yang sama.

Selain prestasinya di level klub, Eusebio juga meraih banyak gelar bersama Benfica, termasuk sembilan gelar Liga Portugal dan Piala Eropa pada tahun 1962. Ia menjadi simbol kebanggaan dan kejayaan klub tersebut.

Kepribadiannya yang rendah hati dan sikapnya yang baik di luar lapangan menjadikan Eusebio sosok yang dihormati oleh rekan setimnya dan diidolakan oleh para penggemar sepakbola di seluruh dunia.


Meskipun telah meninggalkan dunia ini pada tahun 2014, sepak terjang Eusebio sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa terus hidup dan menginspirasi generasi mendatang dalam dunia sepakbola. Ia adalah ikon Portugal yang tak tergantikan dan akan selalu dikenang sebagai salah satu pemain paling abadi dan berpengaruh dalam sejarah olahraga ini. Eusebio adalah bukti bahwa bakat, kerja keras, dan semangat dapat menciptakan legenda dalam sepakbola dan meninggalkan warisan yang tak terhapuskan dalam hati para penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun