Mohon tunggu...
Fitria Ulva
Fitria Ulva Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog pribadi

Hii, welcome

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Implementasikan Digital Marketing, Mahasiswa UMM Bantu Kelompok Wanita Tani Desa Petungsewu

5 Februari 2022   12:38 Diperbarui: 5 Februari 2022   12:43 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UMM yang tergabung dalam kegiatan PMM-21 (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Melakukan kunjungan ke rumah produksi SOJE (Seribu Olahan Jeruk) yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Sartika di Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. SOJE (Seribu Olahan Jeruk) merupakan olahan makanan dan minuman yang berbahan dasar jeruk. 
Kunjungan dilakukan bersama Ibu Umi selaku ketua Kelompok Wanita Tani di desa Petung sewu itu sendiri nampaknya memiliki strategi yang unik untuk menggait pemasaran, salah satunya dengan memproduksi jeruk dengan cara yang berbeda. Kelompok Wanita Tani Dewi Sartika memproduksi buah jeruk menjadi beberapa jenis makanan dan minuman, seperti Kripik Kulit Jeruk dan Sirup Jeruk yang sudah dalam kemasan dan siap dikonsumsi.
 
Tim PMM-21 yang beranggotakan 5 orang mahasiswa itu melakukan sosialisasi diskusi bersama ketua Kelompok Wanita Tani guna mengindentifikasi masalah pemasaran SOJE (Seribu Olahan Jeruk) sehingga bisa mendapatkan kendala yang dihadapi dari Kelompok Wanita Tani tersebut pada saat ini
 
“Bagaimana cara ibu saat ini untuk menjual produk jeruk saat masa pandemi ini?”ucap koordinator PMM-21
“Untuk saat ini kita supply ke beberapa ritel saja mas tapi masih sekitaran desa petungsewu ini saja”ucap Bu Umi
“Apakah ibu sebelumnya sudah pernah coba untuk memasarkan produk melalui media sosial atau ecommerce?”ucap Koordinator PMM-21
“Belum pernah”ucap Bu Umi
 
Oleh karenanya, PMM-21 Menemukan letak permasalahan yang kini dihadapi oleh Kelompok Wanita Tani tersebut yaitu belum adanya pemasaran melalui ecommerce atau media sosial, guna meningkatkan pemasaran Produksi SOJE (Seribu Olahan Jeruk) tersebut PMM-21 memberikan sosialisasi terkait digital marketing kepada Kelompok Wanita Tani sehingga dapat memperluas jangkauan sasaran konsumen dan meningkatkan penjualan SOJE (Seribu Olahan Jeruk) tersebut.

Selain itu, PMM-21 juga mendaftarkan Produk SOJE (Seribu Olahan Jeruk) di ecommerce Shopee agar produk tersebut dapat tersebar ke seluruh konsumen di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun