Mohon tunggu...
Fitria Nurbaidah
Fitria Nurbaidah Mohon Tunggu... Konsultan - Industrial Hygienist

Berjalan dan berbincang| Berjalan dan berfikir| Berjalan lalu menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tanya Jawab Seputar Backpacking ke Eropa

17 Februari 2019   09:07 Diperbarui: 17 Februari 2019   09:32 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Haruskah saya memasukkan eropa sebagai bucket list perjalanan impian saya?

Eropa merupakan sebuah benua yang menawarkan beragam hal untuk dinikmati dari mulai sejarah, arsitektur, kuliner, budaya, kemajuan teknologi, alamnya, ataupun sepak bola nya. 

Rasanya sayang, jika kita melewatkan benua ini untuk dijelajahi, jadi jika memang memiliki waktu dan rezeki, sangat saya sarankan untuk menjelajahi benua eropa. 

Terlebih lagi, selama perjalanan di eropa, kamu akan mendapatkan pengalaman tentang perkembangan peradaban manusia dari zaman Yunani kuno -- Byzantium -- Romawi Kuno -- Kekhalifan -- Reinasance -- sampai kemajuan yang dicapai pada peradaban saat ini.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Apakah aman berpergian solo ke eropa?

Selama tahun 2016 -- 2017, saya telah berkeliling ke beberapa negara eropa dengan temporary homebased saya di Birmingham (UK). Pada awalnya saya selalu mengusahakan untuk tidak berpergian sendiri selama di eropa, paling tidak berdua atau paling banyak ber empat (karena kalau kebanyakan juga gak enak menurut saya), namun ada disebuah momen, yang pada akhirnya saya harus memberanikan diri untuk melakukan perjalanan secara solo atau melupakan saja mimpi saya untuk travelling ke negara-negara tersebut. 

Saya pun memilih untuk berpergian solo dengan keyakinan bahwa insya Allah yang Maha Kuasa akan menjaga saya selama perjalanan karena niat perjalanan saya adalah baik :D. Dan syukur Alhamdulillah, segalanya berjalan dengan lancar. Jadi kalau ada yang masih bertanya-tanya dalam hati apakah eropa aman untuk dijelajahi solo? Saya jawab cukup aman J, jadi jangan khawatir.

Namun tetap saja, perasaan was was selama perjalanan pernah saya rasakan, terlebih ketika tiba disebuah kota baru saat sudah malam hari, serta di mana kota tersebut banyak pria berkumpul atau homeless, hal itu selalu membuat saya was-was ketika mencari alamat hostel yang ingin saya tuju. 

Kota seperti Paris dan Roma adalah dua kota yang memberikan saya kesan was-was, karena saya tiba di dua kota tersebut saat malam hari dan dua kota tersebut banyak pria berkumpul di jalan dan homeless.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Jadi ke mana saja di Eropa?

Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sangat penting dan wajib kamu renungi dan mencari jawabannya sebelum membeli tiket pesawat dari Indonesia, sebelum mengajukan visa, dan sebelum melakukan persiapan apapun untuk jalan-jalan ke eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun