Mohon tunggu...
Fitria Nimatur
Fitria Nimatur Mohon Tunggu... Lainnya - anggota

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Tradisi

Peran Media dalam Dakwah di Era Moderen

14 Mei 2022   23:50 Diperbarui: 15 Mei 2022   00:19 210 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Peran Media dalam Dakwah di Era Moderen

Nama: fitria ni'matur rhosidah
NIM : 43020200066

Di era moderen ini, mayoritas orang sudah menggunakan media dalam aktivitas terutama aktivitas yang berkaitan dengan komunikasi. Sehingga dengan adanya mediadapat mempermudah aktivitas selama sehari-hari. Oleh karenanya, pengertian media bisa dibilang sangat luas. Tidak hanya itu, media yang lebih sering digunakan sebagai alat berkomunikasi bagi seorang penceramah atau da'i.
Banyak orang yang bertanya apa sih itu media, dalam berbagai artikel dijelaskan bahwa media adalah alat saluran komunikasi. Media merupakan alat yang dapat membantu dalam keperluan dan aktivitas, yang sifatnya dapat mempermudah bagi siapa saja yang menggunakannya. Secara lebih khusus, definisi dari media dalam proses berdakwah cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal yang berkaitan dengan dakwah
Kebanyakan media yang muncul di era moderen ini lebih tertarik pada bidang-bidang hiburan dan politik yang berorientasi pada perdagangan atau ekonomi. Jurnalis-jurnalis muda terutama jurnalis yang bekerja di televisi swasta lebih suka dengan bidang jurnalistik infotaimen daripada jurnalistik dakwah. Namun beberapa tahun terakhir ini muncul beberapa penerbitan seperti tabloid, majalah dan buletin seputar islami. Sehingga para penulis atau jurnalis yang bergabung dengan media-media tersebut harus menekuni bidang jurnalistik dakwah juga.
Cara menyampaikan dakwah juga sangat beragam dan media adalah salah satu alat untuk memperluas informasi atau ajakan kebaikan yang kita sampaikan. Kita bisa berdakwah dengan cara yang sama seperti dilakukan oleh seorang wartawan dimana hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan profesional. Seorang yang memilih profesi di bidang dakwah harus memahami agama Islam. Paling tidak ia harus memiliki buku-buku referensi tentang Islam. Orang yang berdakwah juga dituntut untuk memiliki sifat-sifat kenabian yakni shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa peran media dalam berdakwah diantaranya adalah sebagai media pembelajaran, sebagai media informasi, interaksi sosial, komunikasi interatif, ruang publik, untuk membangun kreativitas, meningkatkan inovasi dan meningkatkan motivasi baik untuk Da'i ataupun mad'u. Dengan adanya media dakwah yang disampakan juga dapat tersebar luas baik dikalangan remaja maupun orang dewasa. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu hal yang efektif karena kita bisa mengaksesnya dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan bagaimanapun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan