Mohon tunggu...
Fitria Febriani
Fitria Febriani Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa UNIKOM

seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan ik=lmukomunikasi dan belajar jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Love

Viral! Kasus Pelecehan Meningkat akibat Sewa Pacar Marak di Kalangan Para Jomblo Kesepian

9 Februari 2023   12:36 Diperbarui: 9 Februari 2023   12:43 543
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Pacar menjadi penyemangat hidup dan menemani di kala kesepian memang membuat bahagia bagi sebagian orang. Tak perlu khawatir karena kini pacar sewaan sudah banyak di kalangan muda -- mudi Indonesia, di dunia maya maupun di dunia  nyata , dengan tarif yang terjangkau untuk sekadar menemani rasa kesepian chating dan telepon melalui sosial media menjadi hal terbaik untuk menjalin hubungan dan berinteraksi sebagaimana seseorang yang mempunyai pacar. Tak hanya di sosial media untuk sekedar bertemu , berkencan dan menemani teman ngobrol bisa jadi sewa pacar ini bermafaat untuk para jomblo yang kesepian.

Fitria Febriani  -- Sewa pacar kini marak di kalangan muda untuk menambah penghasilan dan mengatasi kesepian para jomblo , (bfrent/gfrent) . seperti yang di kutip dari akun sosial media twitter @ssefnum bahwa sewa pacar itu (bf/gf rent)  menawarkan jasa sebagai pacar untuk beberapa waktu yang di tentukan saja. Ada berbagai macam cara (bf/gfrent) ini yang di tawarkan misalnya melalui chating  atau telepon , mereka menawarkan jasa untuk bisa me-request profil / latar belakang seseorang dan merequest foto fiapa yang akan di jadikan pacar virtualnya misalnya seorang idol ,  kartun atau siapapun,   typing ( penulisan chating , seperti kata baku , kata - kata yang manja dan lain- lain ) , nama panggilan misalnya mas dan adek. ,nonton bareng atau main bareng , dan platform yang digunakan untuk pacar sewaan virtual biasanya kakaotalk ,twiter telegram dan whats up.  

Seperti yang dikatakan akun milik @marchasdfghjkl yang di wawancarai memlaui media twitter " jadi cuma virtual dan gaada identitas rl sedikitpun kak jadi nama bisa nama buatan sendiri gitu.ngga cosplay juga sih kak, pake face claim nya idol gitu jadi cuma minjem muka aja gitu". Dari tarif sendiri ada berbagai macam dari mulai 2 ribu rupiah untuk 1 jam chating. Dari postingan @ssefnum juga menyatakan bahwa konsumen dapat merequest gambar bernunsa 18+ tergantung dari rules penyedia jasa.

Tak dipungkiri di media sosial  Twitter  juga terdapat banyak sekali muda- mudi yang menawarkan sebagai pacar sewaan hingga mencantumkan CV di akun milik mereka. Seperti salah seorang yang membuka jasa rental pacar yang bernama Cloud dari akun miliknya @Cloudstrifz .

Cloud menceritakan pengalamannya yang Ia tuliskan melalui media wawancara chating  twitter mengenai jasa yang ia buka "Beberapa talent punya agensi, saya sendiri gak kak. Kerja sendirian.Saya kerja sebagai companion virtual orang orang Baik pembeli mau ditemenin as pacar, atau sebagai companion aja Jadi boleh ngelakuin yang biasa pacae lakukan, atau sebatas teman ngobrol Dan gak cuman temen ngobrol, tapi bisa juga hal hal virtual lainnya. Nonton film bareng, main game bareng, telpon, vc, dll.Ngobrol disini juga saya ngelayanin baik itu random talk, curcol, sampai curhat yang deep pun saya beri feedback sebaik baik nya.Ngobrol disini juga saya ngelayanin baik itu random talk, curcol, sampai curhat yang deep pun saya beri feedback sebaik baik nya".

Lalu ia menambahkan alasan mengapa ia membuka jasanya " kalau  alasan buka , ya ga jauh dari cari uang , penghasilannya untuk undergraduate terbilang lumayan, dan bisa jadi selingan di kala kerjaan freelance lain saya ga ada orderan." Ujarnya. Bagi sebagian muda - mudi yang belum berpenghasilan mungkin pekerjaan ini lumayan membantu perekonomian mereka untuk uang jajan sehari hari.

Namun tidak di pungkiri bahwa  dari pacar sewaan ini sangat berbahaya bagi pelaku penipuan , dan pelecehan seksual. Seperti yang di jelasakn oleh Cloud mengenai beberapa customer nya yang tidak di pungkiri mulai melakukan pelecehan seksual secara verbal berikut adalah tanggapan dari Cloud "Aku gapernah nyinggung client, takut nyakitin perasan mereka. Tapi ada yang pernah mau mencoba mulai Sekedar gak ditanggapin aja Atau nanggepinnya gak yang terlalu ikut ikutan, ntar mereka juga berhenti sendiri. Sebagaimana rules ku aku ga allow sexual things.Jadi gapapa menurutku, aku juga gamau ngerusak suasana dan bikin hati mereka gak nyaman kalau misalnya aku tegur Terutama fungsi utama ku adalah bikin merka senang." Saut nya.

Perihal pelecehan seksual pada sewa pacar memang sering terjadi namun pada kasus Cloud ini ia hanya sekedar memberikan tanggapan dan seadanya saja supaya tidak menjerumus kearah yang menyimpang. Cloud juga seseorang yang pernah melakukan transaksi sewa pacar Ia berpendapat bahwa sewa pacar tidak selalu menyimpang ada benefit yang didapatkan

 " Worth it. Untuk benefit, saya gak bisa ngomong banyak karna saya gak minta banyak. Saya cuman perlu temen ngobrol.Sebelumnya, kenapa saya tekankan teman ngobrol, mungkin orang orang suka bilang "emang nya gak ada temen ya?" "Emang nya kesepian banget ya?" terlepas apapun alasan orang Saya sendiri di beberapa kesempatan memang perlu temen ngobrol karna gamau ngeganggu temen irl. Ada hal yang saya rasa kuranh nyaman kalo dibahas ke temen rl. Sementara semacam rent gini, ketika saya ngobrol, curhat, atau apapun itu, ketika sesi berakhir, ya yaudah berakhir Kalau ama temen kan bisa aja nanti diungkit, kan ga nyaman, belum lagi kalo disebarin, dijudge, atau malah ngebebanin mereka juga. Saya sendiri sebagai talent, kalau ada oramh curhat, ketika sesi berakhir, gak bakal usik client lagi. Jadi itu bisa saya katakan salah satu benefit." Katanya

Dan beberapa respon positif dari seseorang yang pernah menyewa jasa rental pacar contoh nya ada pernyataan dari RE saat di wawancarai melalui direct message twiter "Aku pernah ngerent beberapa kali tapi gak pernah ketemu just chat gituu. Setiap orang itu punya ciri khas masing-masing jadi setiap kita ngerent orang yg berbeda pasti dapat benefit atau justru (thing you regret) Jadi menurut ku, kalau kamu memang lagu butuh banget suport bisa di cari di sana."

Kurang lebih dari hasil wawancara diatas ada beberapa rental pacar yang memang meberikan benefit yang sesuai dengan jasa yang ia berikan. Tak sedikit juga jasa memberikan seperti dukungan emosional bagi orang- orang yang membutuhkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun