Mohon tunggu...
Firly Ayu
Firly Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi IAIN Jember prodi Manajemen Pendidikan Islam,Penyuka novel dan traveling,memiliki prinsip "Jika bersalah diam dan meminta maaf tetapi jika benar melawan bagaimanapun caranya" Segala sesuatu jika ingin dicapai butuh berproses dan ikhtiyar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendekatan Filologi, Hermeneutik, dan Wacana

13 Desember 2019   11:34 Diperbarui: 13 Desember 2019   11:43 11 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pendekatan Filologi dalam Studi Islam

Filologi (philologia) merupakan cabang ilmu atau kajian yang berasal dari kerajaan Yunani, yaitu Iskandarsyah. Pada zaman kerajaan tersebut, kajian filologi digunakan untuk menelaah/ mengkaji peninggalan kuno yang berupa tulisan.Kajian seperti ini bertujuan untuk menemukan bentuk asal atau maksud dari tulisan-tulisan kuno tersebut.

a. Filologi yang digunakan sebagai ilmu pengetahuan yang ada.

b. Filologi yang digunakan sebagai ilmu bahasa.

c. Filologi yang digunakan sebagai sastra tinggi.

d. Filologi yang digunakan sebagai struktur teks.

Dalam studi Islam suatu pendekatan diartikan sama dengan metodologi / metode yang merupakan cara pandang / pandangan kajian dari cabang ilmu. Jadi, pendekatan Filologi ialah cara pandang seseorang dengan menelaah/ mengkaji berupa teks. Tetapi dalam Al-Qur'an pendekatan Filologi sama halnya dengan metode tafsir dan metode ini merupakan cara tertua dalam mengkaji.

B. Pendekatan Hermeneutika dalam Studi Islam.

Hermeneutika merupakan pendekatan suatu kajian dan digunakan untuk menganalisis suatu teks. Pendekatan ini hampir bisa digunakan dalam segala bidang termasuk studi hukum Islam. Studi hukum Islam memiliki 2 karakteristik :

a. Idealisme, dikatakan idealisme karena hukum Islam ini ada karena Allah SWT atau bersumber langsung dari Allah SWT.

b. Positivisme, dikatakan positivisme karena hukum-hukum Islam memiliki batas-batas ketentuan dan mengikuti perkembangan zaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x