Mohon tunggu...
M. Rohwandi ZF
M. Rohwandi ZF Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Anak ilmu komunikasi UMM yang doyan nulis lagu

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Pengembangan UMKM Melalui Marketplace di Desa Sanan

19 Juni 2021   22:35 Diperbarui: 20 Juni 2021   12:01 130 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Senin, 14 Juni 2021, Desa Sanan Kecamatan pakel, Kabupaten Tulungagung.

"Mengembangkan UMKM Melalui Media Marketplace" kalimat tersebut ialah salah satu tema kegiatan PMM (Pengabdian Mayarakat oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang(UMM). Di tahun ini. Kegiatan ini tentu menjadi pembelajaran terbaru serta tetap aktif di masa pandemi. meskipun kegiatan edukasi pengembangan UMKM tidak diikuti oleh seluruh masyarakat di Desa Sanan, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat kami dalam membantu memajukan UMKM tentunya di media marketplace. Antusias masyarakat yang telah kami pilih pun sangat luar biasa. Mereka sangat berharap kedatangan kami bisa memajukan UMKM yang sudah dimiliki tentunya pada masalah pemarasan di masa pandemi.

Pada kegiatan pemberikan edukasi dan pelatikan marketplace, terlebih dahulu kami melakukan kegiatan survey UMKM yang dimiliki oleh masyarakat. Kita mendatangi setiap masyarakat yang sudah kami pilih dengan bantuan dari kepala desa (Bapak Mujianto). Dari banyaknya UMKM yang ada di Desa Sanan Bapak Mujianto memberikan kami 12 masyarakat yang memiliki UMKM. Dari kegiatan survey yang telah kami lakukan masyarakat begitu antusias dalam menyampaikan setiap permasalahan yang dialami pada masa pandemi Covid-19.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dari hasil survey yang telah kami lakukan, kami menemukan solusi untuk membantu masyarakat yang memiliki UMKM dalam pemasaran produk yang dimiliki. Solusi yang kami tawarkan diantaranya (1) membantu memasarkan produk melalui media : Shoppe, Whatsapp Web, Facebook Web, Catalok Produk (2) membuatkan forum UMKM Desa Sanan yang bertujuan mengumpulkan masyarakat UMKM serta bertukar informasi, pengalaman antar UMKM 1 dengan yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan