Mohon tunggu...
Mohammad Firdaus
Mohammad Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMM

Terobsesi Menjadi Seorang New anchor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Alasan Mencintai Produk Indonesia

18 Juli 2022   09:45 Diperbarui: 18 Juli 2022   09:49 84 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Arti penting cinta produk Indonesia sebenarnya adalah menumbuhkan rasa cinta pada tanah air, melestarikan budaya bangsa, menjaga nilai-nilai kearifan lokal melalui produk- produk yang dihasilkan, kemudian menunjukkan rasa bangga terhadap produksi dalam negeri serta mendukung perekonomian bangsa. 

  Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan produk dalam negeri diantaranya :

1. Membantu mengembangkan produksi dalam negeri.

2. Mengurangi pengangguran.

3. Menunjukkan kecintaan pada produk dalam negeri.

4. Meningkatkan jumlah produksi berbagai usaha kecil dan menengah.

5. Menambah pendapatan negara.

Berbicara fakta, orang Indonesia cukup banyak yang mengonsumsi dan menggunakan barang import. Fakta ini memang sedikit tidak menyenangkan jika kita dengar sebagai orang Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia harus mengubah itu, mengubah dalam artian lebih banyak mengonsumsi dan menggunakan barang buatan dalam negeri.

di era globalisasi seperti saat ini banyak produk yang berasal dari luar negeri yang bisa dengan mudahnya masuk ke pasar Indonesia. Produk- produk luar negeri bisa menjadi ancaman bagi produk- produk dalam negeri.

Banyak dampak yang diakibatkan jika kita memakai produk luar negeri seperi menurunkan penjualan produk dalam negeri, banyak perusahaan Indonesia yang bangkrut, semakin banyak pengangguran, barang yang di produksi tidak laku serta menurunnya permintaan produk dalam negeri.

Kalau kita mau push produk kita  agar produk lokal bisa di ekspor, untuk saat ini mungkin itu akan menjadi masalah panjang. Alangkah benarnya jika kita menjadikan dulu produk lokal sebagai primadona di negeri sendiri. Ibaratnya jika bermain sepak bola kita menangkan dulu di kandang sendiri baru di kandang tim lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan