Mohon tunggu...
Firda Kurniasih
Firda Kurniasih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI: Upaya Mahasiswa dalam Pemberdayaan UMKM Cacing Desa Suntenjaya

19 Agustus 2022   12:25 Diperbarui: 19 Agustus 2022   12:41 52 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDG’s Desa, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kelompok 76 memberikan kontribusi nyata berupa pemberdayaan UMKM di Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang tepatnya Dusun Batu Lonceng.

Secara umum keseharian masyarakat Desa Suntenjaya adalah bertani, buruh tani, peternak sapi, peternak cacing dan menanam kopi. Banyaknya masyarakat Desa Suntenjaya yang menjadi peternak sapi menyebabkan  produksi kotoran sapi meningkat. Adanya peternakan cacing merupakan solusi dari penumpukan limbah kotoran sapi. Dengan memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai media pakan dan mendukung pemeliharaan cacing tanah (Lumbricus rubellus) yang nantinya akan menghasilkan suatu produk pupuk kompos.

“Peternakan cacing ini merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena dari awal produksi hingga akhir produksi tidak ada yang terbuang. Dari mulai limbah kotoran sapi yang digunakan sebagai media pemeliharaan cacing hingga bekas cacing (kascing) yang akan menjadi pupuk” ujar Bapak Rudi salah satu peternak cacing.

Namun yang menjadi masalah dalam menjalankan peternakan cacing ini adalah mengenai pemasaran produk cacing itu sendiri. Disinilah peran Kelompok KKN 76 dalam melakukan upaya pemberdayaan UMKM Cacing. KKN 76 memberikan modul dan sosialisasi mengenai strategi pemasaran cacing dengan memanfatkan media sosial. Serta membantu dalam pembuatan konten agar produk terlihat lebih menarik dan informasi mengenai produk  dapat tersebar luas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan