Mohon tunggu...
Safira Nurlita Syarif
Safira Nurlita Syarif Mohon Tunggu... firasyarif06

AYOLAH BERJUANG KESUKSESAN TIDAK DATANG BEGITU SAJA

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Kecerdasan Emosional

18 Februari 2020   01:19 Diperbarui: 18 Februari 2020   22:44 42 1 0 Mohon Tunggu...

   Mendengar berita yang berbauh negatif bukanlah hal yang baru untuk era yang sekarang ini. Sudah jarang sekali televisi maupun di sosial media yang memberitakan hal-hal positif yang dilakukan masyarakat melainkan dipenuhi oleh berita-berita yang tidak bermoral yakni mengandung pelecehan, pengeroyokan, pembunuhan dan masih banyak lagi.  Seperti berita yang sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu yaitu seorang guru terekam kamera saat dipukuli oleh orang tua murid  secara membabi buta karena tidak terima anaknya di hukum di sekolah,  dan juga seorang suami tega membunuh istrinya sendiri yang tengah hamil enam bulan.                   Namun apakah kalian tahu mengapa hal seburuk ini bisa terjadi?                                                 Semua itu terjadi dikarenakan seseorang tidak mampu mengendalikan emosinya sendiri dengan benar, tentu hal ini bukan hal yang baik karena akan menimbulkan hal-hal yang tidak terduga walaupun awalnyabkita tidak pernah merencanakannya. 

   Maka dari itu sangatlah penting kita untuk melatih kecerdasan emosional kita bukan hanya kecerdasan intelektual, karena sesorang tidak akan baik apabila hanya kecerdasan intelektual saja yg ia asa maka sangat disayangkan sekali bagi orang-orang yang mengatakan kecerdasan emosional bukanlah hal yang penting.  Beberapa para ahli mengemukakan beberapa pendapat mengenai kecerdasan emosional:                                                    

1. Petricles,  berpendapat kecerdasan emosional bukanlah keterampilan yang bisa dibentuk akan tetapi lebih pada karakter seseorang.                                                                              2. Peter Salovoy dan John Meyer,berpendapat kecerdasan emosional merupakan keterampilanatau skills yang bisa dilatih.              3.  Danial Goleman,  berpendapat kecerdasan emosional adalah gabungan antara keterampilan dan juga karakter. Danuak juga memperjenalkan kimpinen utama dakam kecerdasan emosional yaitu,                                         

* kesadaran diri untuk memahami berbagai tipe  mood emosi yang dirasakan seseorang.                

 * kemampuan dalam mengendalikan emosi tidak terlalu reaktif menghadapi masalah yang datang.                                                                                   

* motivasi dalam diri.                                                       * kemampuan dalam mengahadapi perasaan orang lain.                                                                             * kemampuan sosial, yakni kecakapan dalam mengelolah hubungan membangun jejaring hubungan pertemanan yang nyaman. 

    Selama ini kita hanya mendengar tes kemampuan intelektual atau yang sering kita dengar adalah Tes IQ yang bisa diukur, namun apakah kalian tahu bahwa kecerdasan emosional juga dapat kita ukur. Tes kecerdasan emosional ini dikemukakan oleh Reuven Baron yang diberi nama EQ-1 atau emotional Quotient infentory yaitu, untuk mengukur kompetensi seseorang termasuk kemampuannya dalam mengelolah kesadaran diri, kemampuan dalam bersyukur dan bahagia yakni bagaimana ia bisa memecahkan masalah dalam tekanan. 

    Konsep kecerdasan emosional di bentuk bukan tanpa masalah melainkan,                               *Dikarenakan begitu banyaknya orang yang menekankan pentingnya kecerdasan ini sampai membuat orang juga belajar untuk memanipulasi emosinya sendiri untuk mendapatkan skor yang baik, sampai orang lupa skor bukanlah tujuan akhir tetapi sebagai awal untuk kita memahami diri sendiri yang pada akhirnya bisa melakukan perbaikan yang dibutuhkan untuk bisa mengenbangkan diri.         * ada juga orang yang memiliki kemampuan emisional yang baik namun tidak ia pergunakan dengan baik melainkan untuk menipu orang lain dimana ia merayu dan menggoda, seperti berita beberapa waktu lalu yaitu sebuah midus baru yaitu dua wanita yang merayu kemudian merampok korbannya lewat medsos. 

    Howard Gardnes mengemukakan 9 tipe kecerdasan pada manusia yaitu,                                   

a.)  kecerdasan dalam berlogika,  ini terkait dengan kecerdasan berhitung.                                      

 b.)  kecerdasan interpersonal, ini terkait dengan kemampuan seseorang dalam berempati terhadap perasaan orang lain.                

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x