Mohon tunggu...
Fira Lusiana
Fira Lusiana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Review Buku Manajemen Pelayanan Publik

12 Juli 2018   09:58 Diperbarui: 12 Juli 2018   10:45 801
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Buku "manajemen pelayanan publik" yang ditulis oleh Bapak Hayat, SAP., M.Si merupakan buku yang penting untuk dipelajari sebagai ilmu pengetahuan baik dalam lingkup pendidikan maupun non pendidikan. Buku ini memberikan gambaran tentang teori dan konsep yang dibangun dalam rangka memperbaiki kualitas kinerja pelayanan yang dilakukan oleh aparatur Negara. Penulis juga memberikan gambaran sebagai bentuk refleksi mengenai perubahan- perubahan yang sudah terjadi dan yang akan terjadi dalam pelaksanaan pelayanan public di instasi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1 ilmu administrasi public sebagai pelengkap dalam mengembangkan ilmu pengetahuan selanjutnya. Buku ini adalah cetakan ke- 1 yang terdiri dari 6 bab dan disetiap babnya terbagi lagi atas beberapa sub bab. Halaman keseluruhan dari buku ini adalah 203 halaman, namun yang berisi pembahasan materi hanya 193 halaman.

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah baik dalam pusat maupun daerah. 

Menjadi aparatur Negara termasuk bentuk pengabdian kepada bangsa dan Negara untuk kemajuan masyarakat. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarak harus dilakukan secara adil dan setara tanpa ada pilih kasih dari kedudukan jabatan, kekayaan yang dimiliki, maupun dari segi penampilan. Organisasi merupakan wadah yang mengorganisir seluruh komponen organisasi untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. 

Dalam organisasi ada system yang dijalankan oleh seorang pemimpin untuk melakukan berbagai tindakan organisasi agar tercapai tujuan yang diharapkan bersama. Peran pemimpin dalam organisasi sangat penting karena pemimpin yang akan mengatur jalannya organisasi itu bagaimana. Ada proses manajemen yang dijalankan dalam sebuah organisasi yang kaitannya erat dengan proses manajemen publik, baik secara teori maupun praktik. 

Organisasi publik harus dikelola dengan manajemen publik, karena dibangun untuk kepentingan masyarakat walaupun secara prinsip tidak ada bedanya dengan manajemen lainnya, tetapi manajemen publik mempunyai kerangka konsep yang berbeda karena orientasinya jelas berbeda. Organisasi mempunyai karakteristik dasar yang diformulasikan sebagai berikut:

.

Karir berdasarkan prestasi, setiap pegawai mempunyai jenjang karir sesuai dengan kompetisinya. Jenjang karir yang dibangun tentunya sesuai prestasi, baik secara formal maupun nonformal. Rasionalitas, untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien, setiap kegiatan organisasi harus dilakukan secara rasional , yaitu logis dan ilmiah.

BAB II (KONSEP, FUNGSI DAN TUJUAN PELAYANAN PUBLIK)

Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dasarnya adalah tergantung bagaimana dilayani, seperti apa pelayanannya, dan bagaimana pelayanan yang diberikan. Beberapa factor yang mengoptimalkan pelayanan publik, yaitu :

Kepemimpinan, pemimpin merupakan penggerak utama dan menjadi tombak dalam keberhasilan organisasi. Budaya organisasi, untuk membentuk karakter yang sama dan pencapaian terhadap prinsip pelayanan publik harus memiliki persepsi dalam menjalankan budaya organisasi, seperti budaya kerja yang disiplin, tertib, sopan, akuntabel, berkarakter, transparan, dan professional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun