Mahasiswa Program Studi Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menunjukkan kiprah globalnya dengan mengikuti sertifikasi internasional. Sertifikasi itu diselenggarakan oleh perusahaan teknologi terkemuka dunia, Huawei.Dosen pendamping Prodi Tata Kecantikan, Unnes, mengatakan, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam upaya peningkatan kompetensi digital mahasiswa di era industri 4.0. Sertifikasi ini merupakan bagian dari program kerja sama antara Huawei dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia.
"Sertifikasi itu untuk memperkuat literasi dan kecakapan digital di berbagai bidang, termasuk bidang tata kecantikan yang kini semakin mengandalkan teknologi dalam proses kreatif dan promosi," ungkapnya. Peserta dari Unnes mendapatkan pelatihan intensif mengenai digital branding, dan teknologi augmented reality (AR) dalam dunia kecantikan.
Selain itu, mereka mendapatkan pelatihan pemanfaatan platform digital Huawei dalam membangun personal branding profesional. Sertifikasi ini diharapkan dapat menambah daya saing lulusan Tata Kecantikan Unnes, baik di level nasional maupun internasional.
“Kegiatan ini memberikan pengalaman baru dan sangat relevan dengan tantangan industri kecantikan saat ini yang semakin digital. Mahasiswa tidak hanya belajar teknik kecantikan, tetapi juga strategi digital untuk memasarkan keahlian mereka,” ujar salah satu dosen pendamping.
Dengan mengikuti sertifikasi ini, pihaknya berharap, mahasiswa Tata Kecantikan Unnes mampu menjadi pionir dalam memadukan kreativitas estetika dengan pemanfaatan teknologi mutakhir. Sekaligus mendukung visi Unnes sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI