Mohon tunggu...
Muhamad FiqriAmrullah
Muhamad FiqriAmrullah Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa sekolah tinggi pariwisata Trisakti Penerima Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Megahnya Pagoda Tian-ti di Surabaya

26 Februari 2021   23:17 Diperbarui: 26 Februari 2021   23:39 180 3 0 Mohon Tunggu...

Hallo saya Muhamad Fiqri Amrullah mahasiswa STP Trisakti program study Perhotelan dan saya penerima Beasiswa unggulan dari Kemendikbud tahun 2019.

ini adalah wadah saya untuk membagikan pengalaman saya di dunia travelling semoga bermanfaat!

Di kota Surabaya tepatnya di kawasan wisata Pantai Ria Kenpark (Kenjeran Park), terdapat bangunan yang dilihat dari jauh mirip dengan gambar di kaleng permen Pagoda Pastiles. Ya, karena memang yang di Kenjeran itu juga Pagoda. Namanya Pagoda Tian Ti. Jika di-bahasa Indonesia-kan, Tian Ti berarti Langit Bumi. Sementara dalam bahasa asing berarti Sky World.

Pagoda Tian Ti berada di Jalan Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota SBY, Jawa Timur. Tingginya 58 meter dan berdiameter 60 meter. Konstruksinya terbuat dari baja.

Bangunan bundar dan besar ini merupakan duplikat dari Temple Of Heaven (Tian Tan) yang ada di Beijing. Jadi jangan kaget kalau bentuknya hampir tiada beda. Mulai dari warna, ornamen, aksesoris hingga ukiran-ukiran naga dibuat sama persis dengan aslinya. Mungkin bedanya Pagoda Tian Ti ada di Indonesia, sementara Temple Of Heaven berada di China.

Mengunjungi Pagoda Tian Ti tidak dikenakan biaya alias gratis. Cuma membayar biaya penitipan sepeda motor sebesar Rp 3.000. Jangan lupa menunjukkan STNK yang masih berlaku sebagai syarat penitipan kendaraan. Jika tidak, kita tidak akan dibolehkan parkir.

Bagi warga kota Pahlawan pasti sudah tidak asing dengan bangunan yang sudah resmi dibuka untuk umum sejak 2010 itu. Meski tidak selalu ramai, tapi setiap hari Pagoda Tian Ti tak pernah kehabisan pengunjung. Baik pengunjung dari sekitaran kota maupun pengunjung dari luar kota. Sekali dua juga ada wisatawan dari mancanegara. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi foto-foto Prewedding.

Dari pengamatanku, orang yang mengunjungi bangunan itu memang rata-rata hanya untuk mampir foto-foto kemudian pergi lagi. Jarang ada yang berlama-lama untuk bersantai apalagi kemping berhari-hari.

Bagi yang membawa kendaraan roda empat, harga tiketnya Rp 20.000. Peraturan sama seperti motor, maksimal hanya untuk 2 orang. Jika di mobil berisi lebih dari 2 penumpang termasuk sopir, maka perorangnya dikenakan biaya tambahan Rp 5.000.

Kemudian bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan alias jalan kaki, tiket masuknya Rp 5.000/orang. Kalau tak mau capek muter-muter seluruh Kenpark dengan berjalan kaki, bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri bisa naik becak. Harganya bisa dinegosiasikan.

Sayangnya Pagoda Tian Ti ini kurang terjaga dengan baik. di bagian bawah Pagoda banyak sampah dan rumputnya sudah tinggi-tinggi. Pintu Pagoda juga ternoda dan terlihat kotor dipenuhi coretan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x