Mohon tunggu...
Fildzah Ghassani
Fildzah Ghassani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswa Universitas Airlangga yang sedang menjalani pendidikan semester 2 pada bidang bisnis prodi Bahasa Inggris.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Benefit Lari Pagi Tidak Melulu untuk Kesehatan Fisik

9 Juni 2022   00:20 Diperbarui: 9 Juni 2022   00:33 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lari pagi merupakan hal yang sangat mudah dilakukan oleh setiap orang. Lari pagi juga merupakan salah satu olahraga yang tidak memerlukan biaya atau dapat dibilang sebagai sarana olahraga yang gratis. Namun tahukah anda, bahwa lari pagi sangat dapat membantu kita untuk meredakan stress, mengurangi beban pikiran, serta membangkitkan motivasi diri? Yuk simak manfaatnya!

Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa lari pagi merupakan hal yang tidak berhubungan dengan keadaan mental kita, seperti pada umumnya hanya olahraga biasa yang hanya berdampak pada kesehatan fisik saja. Pernahkah anda mencoba untuk melakukannya secara rutin? Jika iya apakah kalian menemukan sesuatu hal yang baru kalian sadari bahwa hal tersebut adalah efek dari lari pagi tersebut?

Saya sering kali melihat orang-orang yang berlari pagi memiliki waktu yang sangat produktif. Awalnya saya sangat penasaran dan bertanya-tanya, apasih enaknya lari pagi? Sehingga pada akhirnya saya mencobanya secara iseng, dan akhirnya berlanjut menjadi sebuah habit/kebiasaan.

Pada awalnya, saya hanya mengira bahwa lari pagi hanya akan meningkatkan kesehatan fisik saya saja, Namun ternyata saya salah. Ketika awal melakukan lari pagi, saya merasa bahwa lari pagi ini merupakan olahraga ringan, namun juga mengeluarkan keringat dan energi. Keesokan harinya saya kembali melakukan lari pagi dengan tidak ada tujuan atau biasa disebut iseng saja. Pada saat saya melakukannya, saya merasa bahwa saya lebih nyaman dan produktif pada hari dimana saya melakukannya.

Pada hari berikutnya saya dengan iseng mencoba lagi untuk tidak melakukan lari pagi, dan ternyata dugaan saya benar bahwa saya tidak mendapatkan keproduktifan diri. Disini saya memiliki ide untuk mengetahuinya lebih lanjut apakah perasaan saya benar selaku audiens yang mencoba sendiri benefit dari lari pagi dan mengeceknya dari beberapa data di google.

Beberapa sumber yang saya baca menyatakan bahwa dugaan saya adalah benar. Saya merasakan bahwa rutinitas lari pagi dapat meredakan stress, meningkatkan produktifitas, mendapatkan beberapa motivasi yang logis, dan lebih mendisiplinkan diri. Hal ini tidak hanya saya rasakan dan buktikan sendiri, namun telah banyak artikel yang menyatakan bahwa lari pagi membawa impact yang sangat besar untuk kehidupan seseorang yang melakukannya.

Saya yakin kalian akan bertanya-tanya tentang mengapa lari pagi dapat meredakan stress. Lari pagi merupakan kegiatan yang sangat ringan untuk dilakukan namun dapat meredakan beban pikiran kita karena pada saat berlari pagi kita akan meninggalkan sementara pikiran-pikiran yang mengganggu otak. Pada sesi ini, saya juga tidak jarang untuk menemukan suatu ide penyelesaian masalah saat berlari. Jogging atau lari pagi dapat memberikan efek pikiran yang tenang sehingga kita terkadang dapat menemukan penyelesaian masalah dan tak jarang menjadi lebih relax daripada saat sebelum melakukannya.

Dengan berkurangnya tingkat stress atau pikiran yang mulai relax, saya merasa bahwa hal ini memiliki efek pada kemudahan saya dalam melakukan segala aktifitas yang dapat dibilang sebagai produktifitas saya meningkat. Saya sering sekali merasa bahwa beban pikiran yang berat dapat mengurangi produktifitas kita karena hal ini dapat mengganggu focus kita. Lain hal lagi apabila kita telah menguranginya melalui lari pagi, Tingkat produktifitas ini akan melonjak tinggi.

Tidak terlepas dari tingkat produktifitas yang tinggi, lari pagi tidak lepas dari kegiatan melihat atau observe keadaan sekitar sehingga memberi kita lebih banyak pandangan dan ide dalam melihat dunia. Saya sangat menanti-nanti hal ini ketika saya melakukan lari pagi. Saya memiliki kebiasaan untuk berfikir mengenai mengapa hal ini dilakukan begini dan begitu sehingga saya memiliki wawasan yang berbeda. Hal ini dapat memicu peningkatan motivasi diri karna dalam sepengalaman saya, saya lebih aware setelah melakukan observasi lingkungan sekitar sehingga saya memotivasi diri dengan baik untuk tidak melakukan hal yang tidak diharapkan.

Dari kesekian hal yang saya jabarkan diatas, satu hal lagi yang saya suka dari lari pagi yaitu saya menjadi lebih disiplin. Adanya lari pagi mengharuskan kita untuk bangun dipagi hari dan melakukan aktifitas olahraga tersebut. Beban pikiran yang berkurang sebagai manfaat dari lari pagi akan memudahkan seseorang untuk memiliki hari-hari yang produktif, juga menambah semangat orang tersebut sehingga dapat lebih mendisiplinkan jadwal secara otomatis dan lebih teratur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun