Mohon tunggu...
De Kils Difa
De Kils Difa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penikmat

Berkarya Tiada BAtaS

Selanjutnya

Tutup

Humor

Bakiak Serba Guna Ala Murid-Murid

19 Januari 2022   14:44 Diperbarui: 19 Januari 2022   14:48 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : sendokkayu.com

Dkils- Menurut KBBI bakiak yaitu Bakiak (Jawa Tengah) atau Bangkiak (Jawa Timur) atau Terompa Galuak (Sumatra Barat) adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu yang ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban bekas yang dipaku dikedua sisinya (https://id.wikipedia.org/wiki/Bakiak)

Sementara menurut mbah Rudy 'Acek', bakiak itu alas kaki pengganti sandal. Halah... !

Ngomong bakiak jadi inget dulu waktu sekolah. Ada salah satu guru yang senang memakai bakiak ketika ngajar.

Suatu hari di jam kedua pembelajaran, guru matematika belum datang ke kelas. Tentu kelas ramai dong, secara ngga ada gurunya. nah, lagi ramai-ramainya tuh kelas, tiba-tiba dari luar terdengar bunyi khas 'Klotak-klotak-klotak-klotak-klotak-klotak..'

Seketika kelas menjadi sepi dan tertib.

Ngga ada lagi tuh yang main kapal-kapalan dari kertas, ngegosip di kursi belakang atau kejar-kejaran. Semuanya duduk di posisi masing-masing. Sebab kalau ketauan kelas ramai tidak ada guru, hukumannya semua penghuni kelas harus lari keliling lapangan. Mantab kan?

Suara bunyi bakiak semakin dekat, menuju ke arah pintu kelas dan tak lama terdengar ucapan salam. Benar saja, ternyata yang masuk adalah Bapak Dul yang kebetulan hari itu memakai seragam batik.

Duduk di kursi guru, kemudian beliau menjelaskan bahwa guru matematika hari ini tidak masuk. Oleh karena itu, karena pak Dul piket, maka tugas beliau menggantikannya. Berhubung Pak Dul kurang mahir di bidang matematika, katanya. Maka untuk mengisi kekosongan pelajaran, Pak Dul memberikan tugas kepada anak-anak yaitu tanya jawab bebas.

Dari arah belakang tiba-tiba terdengar teriakan "Kalau begitu saya mau nanya Pak."

"Oh silahkan. Hebat kamu, belum disuruh udah langsung mau bertanya aja. Apa pertanyaannya?" Pak Dul berdiri dari kursinya dan maju beberapa langkah ke meja para murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun