Mohon tunggu...
Fikriyaasyam DanadaAtmaja
Fikriyaasyam DanadaAtmaja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN sunan Kalijaga 21107030131

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030131

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mengukir Sejarah, Timnas Basket Indonesia Mendapatkan Medali Emas Pertama di SEA Games 2021

23 Mei 2022   17:38 Diperbarui: 23 Mei 2022   17:45 118 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Indonesia sangat senang bisa mengalahkan Filipina di SEA Games 2021 (foto=jawapos.com)

Timnas bola basket Indonesia akan melakoni SEA Games 2021 di Vietnam pada bulan 15 Mei 2022. Timnas bola Basket akan memberangkatkan dua belas pemain seperti nama-nama yang sering dalam perlombaan ada Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Hardianus Vinxent Rivaldi, Abraham Damar, dan kemungkinan Barndon jawato akan dibawa ke Vietnam karena beberapa hari Jawato mengalami cedera. Di tim basket Indonesia juga unik dengan adanya pemain baru dan pemain anak muda seperti Derrick Michel, Yudha Saputera, dan Agassi Goantara. Pemain-pemain pemuda tersebut menyingkirkan sejumlah nama yang lagi naik daun dalam kompentisi yaitu, Yesaya Alessandro, Kelvin Sanjaya, dan Ali Bagir. Marques yang membela Salt Lake City di NBA G-League akan menggantikan pemain naturalisasi, Lester Prosper.

Bintang pemuda yakni Derrick Michael akan siap berkompetisi di SEA Games 2021, Derrick megaku akan bermain bagus dalam laga tersebut dan lebih percaya diri bersama tim basket Indonesia dalam debutnya di SEA Games 2021. Dalam beberapa game ini Derrick selalu menyumbang point diatas 15 point, dia juga bahkan mencetak double-double. Ia megatakan kepercayaan diri dan permainan menjadi bagus menjadi kunci keberhasilan dalam laga tersebut. 

Sebelumnya Derrick ini memiliki keturunan Indonesia- Kamerun menjadi pemain dalam kejuaraan bola basket elite antarpelajar Amerika Serikat, NCCA Divisi I. setelah dirinya resmi menyatakan bergabung dengan Grand Canyon University. Dericck dalam wawancara "aku Latihan di luar dan di sini aku berharap bisa menerapkan apa yang aku dapat supaya tidak sia-sia aku Latihan di luar. Aku akan membuktikan bahwa aku bisa bermain di timnas senior", ujar Derrick.

Di SEA Games 2021 akan berlaga dalam enam negara yaitu melawan Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapore, Vietnam, dan Filipina. Dalam laga pertama Indonesia menang melawan Malaysia dengan skor 95-92 skor tertinggi di raih Brandon Jawato 27pts, 8 reb, 4 asist. Dalam laga kedua Indonesia mengalami kemenangan lagi melawan Thailand skor 78-75. Di game ketiga memenangkan kembali melawan Kamboja 94-44. Di game keempat Indonesia menang lagi melawan Singapore dengan skor 91-61. 

Di game kelima Indonesia melawan tuan rumah sendiri yaitu Vietnam dengan skor 94-67. Dengan laga tersebut Indonesia dalam laga SeaGames belum pernah kalah dalam laga tersebut, dengan menorehkan 5 kali menang dan tidak ada kalah. Disisa pertandingan satu kali lagi Indonesia akan mendapatkan emas jika bisa mengalahkan dari Filiphina, melawan Filipina tidaklah gampang Indonesia harus mengatur strategi untuk memenagkan laga tersebut dan akan bersejarah mendapatkan emas di ajang SEA Games 2021.

Bola basket filipina di ajang SEA Games masih jadi tim yang terkuat di Asia Tenggara dan mendapatkan emas beberapa kali di ajang SeaGames. Pada SEA Games 2015 dan 2017, harus puas dengan medali perak setelah kalah dari filipina pada laga final. Tiga tahun sebelumnya timnas Indonesia kalah kembali dari Filipina yang menjadi tuan rumah pada semifinal. Namun manajer dari tim Indonesia optimis Indonesia bisa mengalahkan dan mendapatkan emas dari juara bertahan Flipina. 

Ada dua pemain juga amunisi anyar yang bermain bagus di SEA Games di laga sebelumnya. Dalam wawancaranya manajer tim Indonesia Toroman "untuk posisi lima (power Forward) dan empat (center) kita punya pemain dengan yang cukup tinggi 6-10 (204,8cm) agar lebih bagus dalam postur dengan tim Asia lainnya. Itu membuat tim kami sedikit lebih optimis menjadi juara dari tahun sebelumnya, walau SEA Games 2021 hanya menjadi jembatan menuju FIBA Asia Cup 2022, tetap waspada dalam permainan dari tim Filipina. 

Salah satunya adalah Filipina yang menjadi langganan juara. Dengan Filipina, mereka memiliki skuad yang sangat kuat dan memiliki strategi walapun tim Filipina tidak ada bintang NBA Jordan Clarkson," ujar manajer tim Indonesia Toroman. Satu hal yang menjadi pertimbangan Toroman hanya minimnya kesempatan bertanding dengan komposisi pemain baru tersebut. "Jadi kejuaraan SeaGames sangatlah penting untuk membantu kita melihat apa yang harus kami ubah dan tingatkan," ujar Toroman.

Pertandingan Indonesia dan Filipina cukup seru dan point cukup sengit. Dan akhirnya timnas Indonesia bisa mengalahkan dari Filipina mencatakan sejarah dengan untuk pertama kalinya berhasil merebut medali emas di ajang SEA Games 2021. Duel timnas basket Indonesia lawan Filipina yang diasuh oleh coach Milos Pejic berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 85-81. Kemenangan tersebut menjadi sejarah untuk kali pertama dalam ajang SEA Games 2021. Sebelumnya, perstasi terbaik di tim Indonesia di ajang Sea Games tiga kali runner-up atau medali perak pada 2007, 2015, dan 2017.Kemenangan Indonesia atas Filipina juga menghadirkan catatan manis. Indonesia jadi negara yang akhirnya memutus dominasi Filipina di Sea Games sejak 1991. Selama 30 tahun terakhir, Filipina menjadi raja basket SEA Games. Tim putra meraih medali emas 13 SEA Games beruntun sejak 1991 hingga 2019.

Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan yang sudah dimainkan. Pelatih timnas Indonesia Milos Pejic mengatakan, para pemain menampilkan performa terbaiknya sepanjang pertandingan. Sementara itu, Jendral Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PERBASI) Nirmala Dewi mengatakan, keberhasilan ini tak lepas dari strategi yang diterapkan organisasi dalam mencapai prestasi bola basket di Internasional. Ia tak meyangkal, dengan menaturalisasi sejumlah pemain basket membuat tim Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan