Mohon tunggu...
fikri Mustaqim
fikri Mustaqim Mohon Tunggu... penulis magang

nulis aja terus

Selanjutnya

Tutup

Digital

Fitur Cardless, Purwarupa Teknologi Masa Depan Generasi Simpel

25 Oktober 2019   14:41 Diperbarui: 25 Oktober 2019   14:50 114 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fitur Cardless, Purwarupa Teknologi Masa Depan Generasi Simpel
forbes.com

Kartu ATM menjadi salah satu benda wajib yang ada di dompet dan harus dibawa ke mana-mana karena fungsinya sangat penting. Dari tarik tunai, transfer, hingga setor tunai, semua bisa kita gunakan di mesin ATM menggunakan kartu ATM.

Namun terkadang, ada banyak kendala yang terjadi dalam menggunakan kartu ATM sehingga bisa bikin kesal saat kita hendak melakukan transaksi di ATM namun kartunya bermasalah. Nah, saat ini ada inovasi terbaru dari BCA yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi di ATM tanpa perlu repot menggunakan kartu ATM lho, inovasi ini Dibikin simpel bernama cardless.

Cardless adalah sebuah fitur yang memungkinkan nasabah BCA untuk melakukan transaksi setor tunai dan tarik tunai di ATM tanpa perlu menggunakan kartu ATM lagi. Syaratnya kamu hanya perlu mengaktifkan layanan BCA mobile dan memiliki aplikasinya di ponsel kamu.

Bisa transfer ke teman atau kerabat yang belum memiliki rekening sekalipun

Siapa sangka fitur Cardless ini memiliki fungsi yang tak diduga-duga lho Generasi simpel. Ketika kamu ada di dalam kondisi terdesak yang mengharuskan kamu mengirim sejumlah uang ke seseorang, namun orang itu belum memiliki rekening tabungan, misalnya adik atau kerabat lainnya. Nah, di situasi seperti ini kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan fitur Cardless.

Kamu bisa mengirimkan ke seseorang yang belum memiliki rekening tabungan dengan cara melakukan tarik tunai melalui fitur Cardless ini Dibikin simpel, lalu kirimkan kode transaksi yang sudah kamu dapatkan ke orang yang akan dituju.

Dengan begitu mereka bisa melakukan transaksi tanpa kartu di ATM BCA terdekat untuk tarik tunai dengan jumlah sesuai dengan yang sudah kamu tentukan dengan memasukkan nomor HP-mu dan kode transaksi yang kamu berikan, beres deh. Namun perlu diingat, kode transaksi hanya berlaku dalam 1 jam, oleh sebab itu kamu harus melakukan transaksi tersebut dalam kurun waktu 1 jam.

Mengurangi resiko kejahatan di mesin ATM

Pernah gak sih kamu mengalami masalah kartu yang tertelan mesin ATM? Tentu hal ini membuat kamu resah dan kerepotan karena harus melapor ke petugas ATM untuk mengambil kartu yang tertelan di mesin ATM. Gak cuma masalah itu saja, pernah juga mendengar modus kejahatan skimming di mesin ATM? atau bahkan pernah mengalaminya? Skimming merupakan pencurian informasi kartu debit maupun kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu.

Skimming dilakukan dengan alat yang biasa disebut skimmer  yang ditempatkan pada slot kartu di mesin ATM. Lalu selanjutnya pelaku akan meletakkan spy camera secara tersembunyi untuk merekam saat kamu memasukkan PIN di mesin ATM. Dengan begitu pelaku kejahatan dengan mudah menduplikat kartumu dengan informasi yang didapatkan dari mesin skimmer dan PIN yang terekam melalui spy camera.

Nah fitur terbaru Cardless ini  menjadi solusi untuk membantu semua masalah-masalah di atas. Selain gak perlu ribet pakai kartu, penggunaan fitur Cardless ini dapat mencegahmu dari modus kejahatan dan kejadian lainnya yang tidak diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x