Mohon tunggu...
fikri Firdaus
fikri Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Tinggal di Bekasi

Kampung Bunut Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Jalankan Uji Coba Metode Pembelajaran Gamifikasi Secara Virtual

5 Desember 2020   13:00 Diperbarui: 5 Desember 2020   13:10 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar,  BP PAUD dan Dikmas Jatim jalankan uji coba metode pembelajaran gamifikasi secara virtual di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab. Malang.

Pandemi covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknnya. Instansi pendidikan maupun tenaga pendidik harus memastikan pembelajaran tetap dilaksanakan, meskipun peserta didik berada di rumah. Selain memastikan pembelajaran, pihak-pihak tersebut juga harus memberikan inovasi baru dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi. Salah satu instansi pendidikan non formal yaitu Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang yang terletak di Jl.Kraprak No 349 Kepanjen Kabupaten Malang bersama dengan BP Dikmas PAUD dan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang membuat inovasi metode pembelajaran yang akan dilaksanakan uji cobanya di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupeten Malang dengan pembandingnya yaitu  PKBM Sumber Ilmu yang berlokasi di Kepanjen Kabupaten Malang.

Badan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Jawa Timur merencanakan metode pembelajaran gamifikasi untuk lembaga pendidikan masyarakat. Rencana tersebut diberikan kepada Sanggar Kegiatan Belajar Kab. Malang sebagai sasaran uji coba pelaksanaan metode gamifikasi tersebut dengan pembanding PKBM Sumber Ilmu. Uji coba akan dilaksanakan selama 14 hari yang di mulai pada tanggal 9 - 23 September 2020. Pelaksanaan uji coba ini di ikuti 20 peserta didik program kesetaraan paket B.

Gamifikasi adalah pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para peserta didik dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy terhadap proses pembelajaran tersebut, selain itu media ini dapat digunakan untuk menangkap hal-hal yang menarik minat peserta didik dan menginspirasinya untuk terus melakukan pembelajaran. Jadi tujuan dalam pelaksanaan kegiatan uji coba Gamifikasi adalah untuk menarik minat belajar peserta didik yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang agar mereka lebih giat bdalam hal belajar dan dapat menggunakan media pembelajaran berupa multimedia agar mereka juga bisa menggunakan komputer atau media pembelajaran berbasis elektronik.

Metode uji coba Gamifikasi yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar dengan menggunakan metode praktek dan tatap muka. Jadi, pelaksanaan uji coba Gamifikasi dilaksanakan secara langsung dan seluruh peserta didik program keesetaraan Paket B datang secara langsung dan bertatap muka dengan pamong belajar. Akan tetapi kegiatan uji coba ini dipanatau secara daring melalui zoom oleh BP Dikmas PAUD Provinsi Jawa Timur bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Dikarenakan kondisi saat ini covid 19 yang menyebabkan metode uji coba tidak dapat berjalan dengan maksimal dengan me ndatangkan pihak BP PAUD Dikmas dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang bertatap muka langsung dengan peserta uji coba Gamifikasi yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Malang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun