Menghidupkan Budaya Literasi Membaca: Langkah Inovatif Mahasiswa KKN di Desa Untemungkur 1
Di Desa Untemungkur 1, sekelompok mahasiswa KKN dari universitas terkenal melakukan program membaca dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak- anak sekolah dasar di sana . Kegiatan ini bukan sekedar rutinitas biasa , namun juga merupakan bentuk pengabdian yang dikemas dengan cara yang kreatif dan inovatif dalam ruang kelas yang sederhana, yang menjadi saksi semangat edukasi .
Pada awalnya , tim KKN memeriksa kemampuan membaca siswa, mulai dari mengenal huruf, membaca kata, hingga memahami kalimat sederhana. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, siswa dapat memahami kondisi literasi di desa tersebut , yang membantu mereka merancang program yang sesuai . Dukungan dari guru dan pihak sekolah sangat penting, terlihat dari diskusi hangat yang terjadi di ruang guru yang memenuhi dokumen akademik dan penghargaan.
Penguatan budaya membaca diharapkan tidak hanya membuat siswa lebih pintar di sekolah , tetapi juga membentuk kebiasaan membaca yang baik di rumah dan masyarakat.
Kerangka Penilaian dan Penelitian
Indikator Penilaian Kegiatan Literasi Membaca