Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Content creator, Full Time Blogger, Freelancer, SEO Geek. For inquiries contact me dzulfikar.alala[at]gmail[dot]com | bangdzul.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

3 Cara Atasi Susah Login ke Kompasiana

9 November 2018   14:12 Diperbarui: 9 November 2018   15:30 108 2 2
3 Cara Atasi Susah Login ke Kompasiana
ilustrasi aja / theindianexpress.com

Jadi belakangan ini saya suka mengalami masalah untuk login ke Kompasiana tercinta #eaaa. Bukan apa-apa sih, Kompasiana itu sudah kayak kopi. Gak minum sehari aja bikin saya suka pusing. Sama dengan Kompasiana, gak nulis sehari aja bisa bikin uring-uringan hahahaha.

Nah, jadi ini berdasarkan trial dan error aja sih sebetulnya. Selain tips yang disarankan oleh admin dengan menghapus cache atau dengan menggunakan hard refresh dengan menekan Ctrl+F5.

Saya punya cara sendiri supaya bisa login ke Kompasiana saat bersamalah.

  1. Gunakan browser Firefox selain Chrome. Nah, entah kenapa Chrome ini memang agak kurang jodoh dengan Kompasiana. Meskipun tingkat browsingnya lebih cepat dibandingkan dengan Firefox. Jadi, kalau misalnya tiba-tiba pakai browser Chrome bermasalah, cobalah untuk menggunakan browser lain selain Chrome. Tidak harus mengunduh semua browser kok. Anda bisa juga menggunakan user agent yang bisa diunduh sebagai salah satu extension di browser Chrome. Cek di sini.
  2. Login lewat jalur lain. Bingung ya? Jadi, saat mau login saya tidak menggunakan halaman utama di https://www.kompasiana.com. Melainkan menggunakan jalur lain. Misalnya dengan membuka salah satu artikel terlebih dahulu kemudian klik button login. Trik ini juga cukup efektif ketika saya login terlebih dahulu lewat jalur https://www.kompas.com/. Karena dengan menggunakan ID yang sama, kita bisa tetap login ke dua channel tersebut. Setelah berhasil login ke Kompas.com tinggal buka halaman Kompasiananya.
  3. Trik terakhir memang mungkin hanya bisa dimengerti kalangan tertentu saja. Tapi di bawah ini saya sertakan video tutorialnya agar lebih mudah diikuti. Caranya adalah dengan membersihkan DNS terlebih dahulu dengan menggunakan Command Prompt di Windows. Cara ini juga saya gunakan saat koneksi agak lemot.  


Nah, teman-teman Kompasianer. Kalau ketiga cara tersebut tidak berhasil silakan bersabar, mungkin ini adalah ujian...

@dzulfkar