Dzulfikar
Dzulfikar Freelance writer

Suka diajak makan dan jalan. Contact me delapanempat@gmail.com | dzulfikaralala.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Melongok Kesiapan Low MPV asal Tiongkok Lewat Dealer Wuling Kapuk Jakarta Barat

9 Januari 2018   09:00 Diperbarui: 9 Januari 2018   09:46 3732 0 0
Melongok Kesiapan Low MPV asal Tiongkok Lewat Dealer Wuling Kapuk Jakarta Barat
Dealer Wuling Motors Kapuk, Jakarta Barat (dok.pri)

Kebutuhan mobil keluarga memang sangat terasa jika sedang liburan ataupun pulang kampung saat lebaran. Terus terang keluarga saya memang termasuk keluarga yang paling menyukai mobil keluarga yang bisa muat untuk banyak orang. Keluarga saya membutuhkan sebuah mobil yang luas dan nyaman.

Namun harga mobil memang tidak murah, beberapa mobil murah yang ada membuat saya berpikir ulang karena dari beberapa pengalaman para supir transportasi onlinememberikan testimoni bahwa mobil murah yang mereka gunakan kurang bertenaga.

Saya jadi berpikir untuk menunda membeli mobil pertama saya. Awalnya pilihan saya adalah mencicil mobil murah dengan DP yang terjangkau. Namun, setelah menanyakan pada beberapa supir taksi online, ternyata rata-rata menyarankan untuk memilih mobil lain yang lebih terjangkau tapi lebih bertenaga.

Kebetulan Agustus lalu saya sempat datang ke pameran mobil di ICE BSD, Tangerang Selatan untuk melihat-lihat beberapa mobil keluarga terbaru. Salah satunya adalah merek mobil baru, Wuling dari Tiongkok.

Pertama kali melihat tampilan Wuling, rasanya memang jauh dari tampilan dan desain mobil Tiongkok sebelumnya yang pernah beredar di Indonesia. Tampilan Wuling Confero S yang dipamerkan memiliki desain yang sportydan stylish.

Konsumen yang sedang dilayani mekanik Wuling di Dealer Jakarta Barat. Karena masih garansi, pemilik tak membayar sepeser pun. (dok.pri)
Konsumen yang sedang dilayani mekanik Wuling di Dealer Jakarta Barat. Karena masih garansi, pemilik tak membayar sepeser pun. (dok.pri)

Apa yang saya pikirkan ternyata tak berbeda jauh dengan orang awam lain yang kurang paham tentang mobil. Namun, Wuling memberikan jaminan Confero S dengan garansi 3 tahun/100.000 km dan garansi komponen utama mesin dan transmisi 5 tahun/100.000km.

Namun, bagi saya garansi tersebut belum cukup. Apalagi saat ini di daerah BSD Serpong saja belum ada dealer Wuling. Padahal saat pameran konon katanya akan didirikan 52 dealer di seluruh Indonesia yang menjadi garda terdepan untuk jaminan ketersediaan spare part dan perawatan.

Karena penasaran dengan gembar-gembor tersebut saya jadi ingin melihat langsung kesiapan Wuling dalam memasarkan Wuling dan juga melayani konsumen di dealernya sendiri. Akhirnya, Kamis lalu saya datang ke salah satu dealer Wuling di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Kebetulan saat itu saya disambut oleh bagian Sales bernama mas Aris. Mas Aris ternyata bukan tipe orang yang suka berbasa-basi. Ia langsung menunjukkan ketiga tipe mobil Wuling Confero S yang menjadi andalan mobil keluarga yang ditawarkan.

Saya terkesan dengan cara mas Aris menjelaskan perbedaan antara Confero, Confero S tipe C dan Confero S tipe L. Saya baru sadar bahwa ternyata ada beberapa items yang memang membedakan antara ketiga tipe tersebut. Secara sekilas mas Aris mengidentifikas beberapa perbedaan mulai tipe paling tertinggi yang memiliki handletangan berbalut chrome, list jendela yang juga dilengkapi dengan garnishberbalut chrome, frameless wiper dan juga yang paling mencolok adalah sensor parkir di bagian depan.

Tipe ini mudah dikenali lewat wipernya yang blm frameless, Tipe Confero S 1.5 C (dok.pri)
Tipe ini mudah dikenali lewat wipernya yang blm frameless, Tipe Confero S 1.5 C (dok.pri)

Confero ternyata menawarkan konfigurasi kursi yang tidak dimiliki oleh Low MPV lain. Kita bisa memilih konfigurasi untuk 7 seatdengan menggunakan Captain Seat seperti MPV mewah atau 8 seatstandar.

Dari tiga varian Confero yang ditawarkan paling tinggi adalah tipe Confero S 1.5 L+. Tanda plus menandakan bahwa konfigurasi kursi mobil sudah Captain Seat dengan kursi berbahan semi kulit sehingga terkesan lebih mewah meskipun harga mobilnya terjangkau.

Saya rasa ini yang menjadi kekuatan Wuling Confero S karena bermain di fitur yang melimpah, sehingga membuat konsumen tergoda. Di bagian baris ke belakang sudah dilengkapi dengan portUSB untuk chargingHP begitu juga dengan bagian tengah yang sama-sama dilengkapi dengan portUSB. Dengan begitu masing-masing keluarga bisa mengisi ulang daya baterainya dengan sangat mudah tanpa harus antre terlalu lama.

Yang menarik lagi, ternyata meskipun mesin dalam kondisi mati, USB slottetap masih bisa berfungsi sebagai pengisi daya baterai smartphone. Tapi, dari semua fitur yang ada, saya paling suka teknologi rear camera dan pengaturan ketinggian lampu utama.

Rear Camera untuk tipe Confero S 1.5 L (dok.pri)
Rear Camera untuk tipe Confero S 1.5 L (dok.pri)

Soalnya rear camera-nya ditempatkan dengan cukup baik sehingga pengemudi bisa langsung melihat bumperbelakang lewat kamera. Fitur ini rata-rata tidak dimiliki oleh mobil sekelasnya sehingga pengemudi harus mengira-ngira jarak bumperdengan hambatan di belakangnya.

Mas Aris juga menunjukkan ruang bengkel perawatan dan ruang tempat ketersediaan spare parts di Dealer Wuling Cengkareng, Jakarta Barat.

Setelah puas mendapatkan penjelasan panjang lebar dari mas Aris. Saya mulai merasa percaya dengan kualitas Confero S yang dihadirkan untuk rakyat Indonesia. Hampir semua kebutuhan fitur mobil keluarga sudah tersemat dalam Wuling Confero S.

Fitur hiburan sudah tersedia lengkap yang dimiiki Wuling Confero S tipe 1.5 L (dok.pri)
Fitur hiburan sudah tersedia lengkap yang dimiiki Wuling Confero S tipe 1.5 L (dok.pri)
Tak berapa lama saya berkenalan dengan mas Imam dari bagian Sales dan mas Rio yang datang langsung dari Pabrik Wuling di Cikarang. Mas Rio memperkenalkan diri dari bagian Body PT SGMW Motor Indonesia yang katanya memiliki kapasitas produksi hampir 3.918 unit per bulan.

Mas Rio langsung menunjukkan kekuatan bodyWuling Confero S mulai dari depan. Ternyata ada tiga besi penahan di bagian depan yang melindungi Confero S dari benturan hebat di bagian depan. Saya ditunjukkan langsung beberapa safetyfeatures tersebut, apalagi kini Confero S yang dipasarkan di Indonesia sudah dilengkapi dengan dual airbags sehingga bisa lebih melindungi pengemudi dan penumpang bagian depan dari benturan.

Wuling Confero S dikalim memiliki mesin yang sama dengan Chevrolet Spin yang dipasarkan di Indonesia, meskipun pada akhirnya Chevrolet harus gulung tikar karena mengalami krisis dan persaingan yang ketat untuk pasar Indonesia.

Namun, Wuling dengan Confero S nya menurut mas Rio cukup optimis. Karena, dari pertama launchingsekitar bulan Juli 2016 hingga akhir semester ini sudah terjual lebih dari 5.000 unit. Jumlah yang terbilang fantastis karena lebih besar jika dibandingkan penjualan Chevrolet Spin dalam setahun setelah launching.

Low MPV satu-satunya yang memiliki captain seat (dok.pri)
Low MPV satu-satunya yang memiliki captain seat (dok.pri)


Salah satu kunci kesuksesan Wuling Confero S menurut saya karena mobil ini memang punya tampang yang sangat modern dan tidak terlihat garis-garis desain mobil Tiongkok zaman dulu. Wuling Confero S memiliki sentuhan desain mobil-mobil Jepang yang modern. Dan yang juga saya suka dari Confero S adalah tidak pelit fitur. 

Ada banyak fitur mobil mewah yang disematkan pada Wuling Confero S. Seperti sensor parkir dua titik di depan dan sensor parkir empat titik di belakang. Juga model konfigurasi kursi Captain Seat yang membuat interior Wuling Confero S semakin terkesan mewah dan berkelas. Pasti pangling deh saat masuk ke dalam interior Wuling Confero S 1.5 L+.

Kebetulan saat saya datang, ada salah satu pelanggan yang sedang mengecek kendaraanya. Ternyata mobil warna hitam yang dibawanya merupakan mobil perusahaan yang digunakan untuk antar jemput karyawan sehingga lebih muat banyak penumpang. Untuk konsumsi bahan bakarnya pun terbilang standar dan tidak terpaut jauh dengan MPV lainnya. Efisiensi bahan bakar memang dipengaruhi banyak faktor mulai dari jenis bbm yang digunakan, beban kendaraan serta gaya pengemudi dalam berkendara.

Ketika saya tanya mas Imam "Warna apa yang paling laku mas?"

"Biasanya kalau untuk jangka panjang itu silver sama hitam pak" tutur mas Imam.

Bersama mas Reno (tengah) dan mas Imam (kanan) (dok.pri)
Bersama mas Reno (tengah) dan mas Imam (kanan) (dok.pri)

Kalau dipikir-pikir betul juga sih. Di Indonesia rata-rata mobil yang memiliki harga jual tinggi kembali adalah mobil warna hitam dan silver. Namun, saya sih lebih condong ke warna merah karena terkesan lebih mewah dan elegan. Kebetulan Wuling Confero S juga punya 5 pilihan warna mulai dari  Sand Brown, Pristine White, Carnelian Red, Starry Black, Dazzling Silver.

Wuling Confero S yang memiliki kabin lebih luas ini perlu dipertimbangkan sebagai salah satu opsi sebagai mobil pilihan keluarga. Apalagi pilihan harganya cukup affordablemulai dari  Rp 129 jutaan hingga Rp 162 jutaan untuk tipe tertinggi. Apalagi sudah ada jaminan mesin dan transmisi hingga 5 tahun dengan layanan purna jual yang menjanjikan. Yang paling penting ketersediaan spare partdan harganya yang lebih murah 20% .

Memang sih kadang-kadang masih saja ada yang ragu dengan purna jualnya. Apalagi ini produk Tiongkok. Tapi, sebetulnya jika kita ulik lagi, ada banyak keunggulan purnajual yang diberikan oleh Wuiling Confero S.

Pertama, Wuling memberikan garansi umum kendaraan selama 3 tahun atau 100 ribu kilometer (tergantung mana yang terlebih dahulu tercapai).

Kedua, Wuling ingin memberikan value lebih. Salah satunya memberikan garansi komponen utama mesin selama 5 tahun atau 100 ribu kilometer (tergantung mana yang terlebih dahulu tercapai). Garansi komponen utama ini meliputi 15 komponen utama di antaranya seperti piston, oil pump, sampai dengan front cylinder.

Ketiga, sebagai salah satu bukti nyata bahwa produk Wuling tidak main-main dipasarkan di Indonesia, Wuling juga memberikan garansi komponen utama transmisi selama 5 tahun atau 100 ribu kilometer (tergantung mana yang terlebih dahulu tercapai).

Keempat, Wuling juga bahkan memberikan garansi suku cadang selama satu tahun atau 20 ribu kilometer (tergantung mana yang terlebih dahulu tercapai). Menariknya Wuling malahan membebaskan biaya jasa perawatan selama 2.5 tahun atau 50 ribu kilometer (tergantung mana yang terlebih dahulu tercapai).

Intinya, segala kekhawatiran sudah tercover oleh semua garansi yang diberikan oleh Wuling mulai dari garansi komponen utama mesin, garansi transmisi, garansi suku cadang sampai dengan gratis biaya perawatan. Semua fasilitas ini tentu saja value for money bagi keluarga yang hendak mendapatkan mobil pertamanya.

Apalagi pada akhir 2017, Wuling sudah menjamin ketersediaanspare part di 50 dealer tersebar di seluruh Indonesia. Semua dealer Wuling yang ada di Indonesia dipastikan memberikan pelayanan seperti penjualan, perawatandan juga menjamin ketersediaan suku cadang dengan harga yang lebih kompetitif. (dz)