Mohon tunggu...
Ficke DewiAprillia
Ficke DewiAprillia Mohon Tunggu... be grateful

NJK-MLG

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Untuk Anak PAUD, KKN UM Balongrejo Nganjuk 2020 Gelar Lomba Mewarnai

21 Juni 2020   23:00 Diperbarui: 21 Juni 2020   23:08 82 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi  Pencegahan Penyebaran Covid-19 Untuk Anak PAUD, KKN UM Balongrejo Nganjuk 2020 Gelar Lomba Mewarnai
pemberian hadiah  kepada 10 besar pemenang di PAUD Pertiwi Balongrejo didampingi oleh bapak ibu guru dan wali murid

Di situasi pandemi saat ini menjadikan semua aktivitas dan kegiatan di luar rumah harus dibatasi untuk memutus ratai penyebaran Covid-19 yang sangat cepat. Begitu juga dengan kegiatan pembelajaran di sekolah yang sementara dilakukan melalui online atau daring dengan materi atau tugas yang diberikan oleh guru melalui media elektronik.

Untuk mengusir kejenuhan anak saat dirumah saja, KKN UM Balongrejo 2020 mengisi kegiatan anak yang lebih menyenangkan dan bermanfaat yaitu dengan mengadakan Lomba Mewarnai anak dan Orangtua di PAUD Pertiwi Balongrejo, tepatnya di desa Balongrajo Kecamatan Berbek, Nganjuk yang dilaksanakan di rumah masing-masing. 

Mewarnai merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di PAUD untuk mengasah motorik halus dan kreativitas pada anak. Anak Usia Dini merupakan masa-masa pertumbuhan dan perkembangan dimana akan  menjadikan anak lebih mudah dalam menyerap dan menirukan informasi yang didapatkan.

Dengan kelompok yang beranggotakan (Ficke Dewi A, Saskia Widianti, Nana Wahyu, Meyzone Amanatul dan Krisdiana) dibantu dengan guru PAUD mengarahkan orang tua untuk menjadi mentor anak  dalam mengkreasikan dan memadukan warna pada gambar yang bertemakan cuci tangan, pemakaian masker, dan himbauan untuk tetap di rumah saja dengan tujuan agar anak dapat lebih memahami bahwa dalam situasi pandemi saat ini perlu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker saat berada di luar rumah, sehingga anak-anak mengenal pencegahan penularan covid-19 semenjak dini dan perlunya diterapkan kebiasaan tersebut untuk saat ini.

kegiatan lomba mewarnai dilakukan di rumah masing-masing
kegiatan lomba mewarnai dilakukan di rumah masing-masing

Kegiatan Lomba mewarnai ini mendapatkan respon yang positif dan keantusiaan anak untuk turut serta berpartisipasi. Dilihat dari durasi waktu pengerjaan lomba yang panjang pada sabtu, 13/06/2020 hingga senin, 21/06/2020 namun pada hari pertama sudah banyak wali murid yang mengirimkan bukti berupa foto anak saat melakukan kegiatan mewarnai. Disampaikan oleh salah satu wali murid yang hadir pada saat pemberian hadiah, bahwa anak-anak sangat senang dan antusias dengan adanya Lomba Mewarnai. disamping itu anak menjadi semangat karena mendapatkan apresiasi berupa hadiah untuk pemenang maupun seluruh peserta.

VIDEO PILIHAN