Mohon tunggu...
Fibrisio H Marbun
Fibrisio H Marbun Mohon Tunggu... Pejalan kaki

Menghabiskan masa kecil di padang rumput yang hijau, hamparan sawah dan ladang. Menikmati fajar dan menantikan senja di kaki bukit barisan bersama si sapang dan kawanan kerbau yang lain. Parmahan sian hita an. IG: fibrisio.marbun

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Mendukung Kesetaraan Gender Melalui Piala Dunia Wanita

10 Juni 2019   15:26 Diperbarui: 10 Juni 2019   22:24 0 9 4 Mohon Tunggu...
Mendukung Kesetaraan Gender Melalui Piala Dunia Wanita
Piala Dunia Wanita/fifa.com

Piala Dunia Wanita 2019 resmi bergulir. Stadion Parc des Princes, Paris menjadi saksi pagelaran sepakbola terbesar sejagat dimulai. Tuan rumah Prancis menghadapi Korea Selatan di laga pembuka. 

FIFA Women's World Cup atau Piala Dunia Wanita merupakan kejuaraan sepakbola wanita internasional paling bergengsi, diselenggarakan setiap 4 tahun sekali oleh FIFA.

Kejuaraan ini pertama kali digelar di Cina pada tahun 1991, 61 tahun setelah penyelenggaraan FIFA World Cup. Sementara Piala Dunia Wanita 2019 merupakan gelaran kedelapan sepanjang sejarah. Turnamen yang akan digelar dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli 2019 dan akan diikuti 24 Negara.

Amerika Serikat menobatkan diri sebagai Negara paling sukses sepanjang turnamen. Tim Negeri Paman Sam berhasil mengoleksi 3 gelar juara, disusul Jerman dengan 2 gelar juara, kemudian Norwegia dan jepang mengoleksi masing-masing satu gelar.

Dalam pengelolaan tim, konfederasi wanita sama dengan laki-laki. Osenia (OFC), Eropa (UEFA), Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), Asia (AFC), dan Afrika (CAF). FIFA memperkirakan saat ini ada 40 juta pemain sepakbola wanita.

Lantas apa yang menarik dari Piala Dunia Wanita 2019? Pertanyaan pemantik yang tidak asing lagi bagi penikmat sepakbola. Supaya Anda semakin tertarik dan respek terhadap sepakbola wanita, mari simak beberapa fakta berikut.

Carli Lloyd dan Rekor Hattrick

Sepanjang sejarah Piala Dunia, hanya ada dua orang yang berhasil mencetak tiga gol dalam partai final.

Pertama adalah Sir Geoffrey Hurst, striker legendaris Inggris. Sir Geoffrey Hurst berhasil mencetak hattrick ketika The Three Lions mangandaskan German Barat dengan skor 4-2 di final 1966.

Kedua adalah Carli Lloyd, gelandang sekaligus kapten tim nasional wanita Amerika Serikat. Ia mencatatkan rekor tersebut saat Amerika Serikat membenamkan Jepang dengan skor telak 5-2 di final Piala Dunia Wanita 2015.

Maskot Piala Dunia Wanita 2019, Zabivaka/ fifa.com
Maskot Piala Dunia Wanita 2019, Zabivaka/ fifa.com
Torehan yang sangat istimewa dari Lloyd karena mampu mencetak dua gol pertama hanya dalam tempo lima menit, gol ketiga juga dicetak dengan spektakuler. Lloyd mencetak gol ketiga nyaris dari tengah lapangan. Catatan singkatnya, dalam dunia sepakbola, tidak banyak yang mampu melakukan aksi seperti Lloyd ini.

4 Tim Debutan

Layaknya putaran Piala Dunia, Piala Dunia Wanita juga selalu dihiasi rekor baru seperti tim debutan. Jamaika, Cile, Afrika Selatan, dan Skotlandia menjaadi 4 tim debutan pada pagelaran ini.

Timnas wanita Jamaika lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia Wanita 2019 zona CONCACAF, selanjutkan akan mendampingi timnas Amerika Serikat dan Kanada. Jamaika tergabung di grup C bersama Australia, Brazil, dan Italia. Saat ini, timnas wanita Jamaika berada diperingkat 53 FIFA Women's World ranking.

Berada diperingkat 39 dunia FIFA Women's World ranking, Cile lolos sebagai wakil zona CONMEBOL. Mereka berhasil lolos berkat gelar runner-up Piala Amerika Selatan Femenina tahun 2018.

Dari benua Afrika, Afrika Selatan lolos bersama Nigeria dan Kamerun. Berada diperingkat 49 FIFA Women's World ranking Afrika Selatan lolos setelah keluar sebagai runner-up Piala Afrika Wanita 2018.

Selanjutnya adalah tim nasional wanita Skotlandia. Timnas wanita Skotlandia berhasil lolos dari babak kualifikasi dengan status Juara Grup 2 zona UEFA. Akan bergabung di grup D bersama Inggris, Argentina, dan Jepang. Dari semua tim debutan, peringkat Skotlandia jauh lebih baik, mereka saat ini berada diperingkat 20 FIFA FIFA Women's World ranking.

Pemain Tertua dan Termuda

Adalah Formiga, pilar veteran tim Brazil yang mencatatkan rekor pada putaran Piala Dunia Wanita 2019. Formiga tercatat sebagai pemain paling tua dan mampu memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang tampil dalam tujuh edisi Piala Dunia Wanita.

Gelandang 41 tahun ini bermain untuk Paris Saint-Germani dan batal pensiun, seperti yang diumumkan 2016, untuk memberinya kesempatan terlibat di turnamen musim panas ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2