Mohon tunggu...
Fian Fian
Fian Fian Mohon Tunggu... Si vis pacem, para bellum

Qui ascendit sine labore, descendit sine honore

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Dianggap Sama, tapi 6 Jenis Pemimpin Ini Memiliki Makna Berbeda Loh

7 November 2019   08:38 Diperbarui: 7 November 2019   08:41 775 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dianggap Sama, tapi 6 Jenis Pemimpin Ini Memiliki Makna Berbeda Loh
converterino.online

Kepemimpinan (leadership) dalam Bahasa Arab disebut juga khilafah, imarah dan imamah. Kepemimpinan adalah proses memengaruhi pikiran dan tindakan orang lain juga menjadi uswatun hasanah bagi pengikutnya agar dapat mencapai tujuan organisasi tersebut.

Dalam hal ini pemimpin memiliki amanah dan tanggung jawab baik terhadap anggota maupun terhadap Allah SWT, oleh karena itu pemimpin ideal adalah pemimpin yang harus memiliki sifat shidiq, amanah, tabligh dan fathanah. 

Terkadang kita sering bingung membedakan apakah itu khalifah dan apakah itu imam? Ini dia beberapa perbedaan tersebut:

1. Khalifah

Khalifah adalah sebutan untuk sang pelayan rakyat ia juga seorang pemimpin agama dan pemimpin dunia. Pemilik setiap elemen kekuasaan baik itu eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Dilain pihak makna khalifah juga disematkan pada kita selaku individu. Jadi bukan hanya pemimpin saja yang dapat bergelar khalifah. Kita juga adalah khalifah yang bertugas untuk memakmurkan bumi Allah dan mengamalkan petunjuk al-Qur'an.

2. Imam

matakita.co
matakita.co
Imam dapat diartikan dengan panutan dalam konteks agama. Ia juga merupakan pemimpin saat kita melaksanakan shalat. Ada juga imam masjid yaitu pemimpin di masjid tersebut adapula imam keluarga sebagai pemimpin tertinggi keluarga.

3. Raja

www.pinterest.com › pin
www.pinterest.com › pin
Raja adalah pemilik setiap elemen kekuasaan baik itu eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Berbeda dengan khalifah, raja lebih bersifat otoriter dan berbagai keputusannya tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun. Rakyatpun harus tunduk atas segala kebijakannya.

4. Sultan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x