Mohon tunggu...
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜…
โ˜…ๅฝก ๐…๐ž๐ฒ ๐ƒ๐จ๐ฐ๐ง ๅฝกโ˜… Mohon Tunggu... Administrasi - Anti Fraud Activist - Pemerhati - Penulis - IG @feydownwsc_official

๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ฌ๐ข๐š๐ง๐š ๐€๐ฐ๐š๐ซ๐ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ "๐“๐ก๐ž ๐๐ž๐ฌ๐ญ ๐ˆ๐ง ๐’๐ฉ๐ž๐œ๐ข๐Ÿ๐ข๐œ ๐ˆ๐ง๐ญ๐ž๐ซ๐ž๐ฌ๐ญ" ๐—”๐—ป๐˜๐—ถ ๐…๐ซ๐š๐ฎ๐ ๐—”๐—ฐ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜€๐˜/๐—ช๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ. ๐ˆ๐†: @๐Ÿ๐ž๐ฒ๐๐จ๐ฐ๐ง๐ฐ๐ฌ๐œ_๐จ๐Ÿ๐Ÿ๐ข๐œ๐ข๐š๐ฅ ๐‘ด๐’†๐’๐’†๐’•๐’‚๐’‘ ๐’…๐’Š ๐’Œ๐’๐’•๐’‚ ๐‘ท๐’†๐’“๐’•๐’‰, ๐‘พ๐’†๐’”๐’•๐’†๐’“๐’ ๐‘จ๐’–๐’”๐’•๐’“๐’‚๐’๐’Š๐’‚ ๐„๐ฆ๐š๐ข๐ฅ : ๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐ฌ๐œ๐š๐ฆ@๐ ๐ฆ๐š๐ข๐ฅ.๐œ๐จ๐ฆ ๐…๐ ๐๐š๐ ๐ž : ๐–๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š ๐’๐œ๐š๐ฆ๐ฆ๐ž๐ซ ๐‚๐ข๐ง๐ญ๐š ๐Ÿ‘

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Selamat dari Jebakan Licik Scammer Nigeria! The Power of Kompasiana Gitu Lho!

15 Juli 2020   15:40 Diperbarui: 15 Juli 2020   19:26 771
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maaf bukannya sombong dengan menyebut The Power of Kompasiana Gitu Lho! ย tapi ini ungkapan rasa bahagia saya ketika ada calon korban yang selamat dari jebakan licik scammer Nigeria karena menemukan artikel saya di Kompasiana. ย Alhamdulilah. ย  Mereka menghubungi WA ย yang tercantum di bio dan mengucapkan terima kasih. Tentu saja tulisan saya hanyalah sarana, sedang calon korban selamat karena ย mau berusaha mencari tahu.

Perlu diketahui selama ini masih banyak korban yang ย mencari tahu setelah tertipu lalu menghubungi saya. Apa yang bisa saya bantu ย selain support saja. Mencari keadilan bagi mereka ? Jauh panggang dari api. Uang yang tertipu tak akan kembali. Belum ada ceritanya scammer Nigeria mengembalikan uang korban.

Hari ini saya mendapat pesan dari ย dua calon korban yang selamat :

Photo kiriman dari calon korban. Dok. pribadi
Photo kiriman dari calon korban. Dok. pribadi
A. CALON KORBAN SCAMMER MENGAKU ENGINEER " KEVIN LEE ZHANG ย "ย 

Photo curian dan no HP +1(972)8952284 ( Ini nomor gratis dari aplikasi).

Pagi pagi tanggal 14 Juli 2020 ada pesan masuk di WA Helpline saya dari seorang wanita ย di Jakarta.

"Ibu, perkenalkan nama saya E. Saya baca ini "Korban Scammer "Kevin Lee Zhang" di Instagram, Kerugian ย 100 Juta"ย  ย Saya nyaris menjadi korban saat ada seseorang yang mengaku Kevin Lee Zhang add saya di Instagram. ย Saya lihat followersnya sudah ย 446 , padahal minggu lalu baru ย 200 an saja. Following tak pernah nambah. ย Chat trough IG dari tanggal 03 to 08 July. ย Setelah itu kita bertukar nomor hp dan melakukan chat via WA.

Setelah itu, dia menceritakan kalau dia lelaki single asal Texas yang bekerja di Diamond Offshore sebagai Engineer. Orang tuanga meninggal akibat auto crush 4th lalu dan dia anak tunggal. Randomly, sewaktu dia mengatakan dia di office, saya meminta dia untuk mengambil gambar lalu dia kirim. Saya cukup yakin jika tidak ada yang salah sampai disini. Seiring berjalannya waktu, obrolan kita mengarah kepada trust. ย Kita saling chat itu dari tanggal 8 dan berakhir di tgl 11 july malam waktu Indonesia. ย Hari Minggu malam itu saya bertanya ย ke dia siapa nama lengkapnya. Dia jawab Kevin Lee Zhang. Saya langsung search dan menemukan tulisan ibu. ย Tanpa basa basi, saya langsung menanyakan ke dia sambil mengirim bukti artikel ibu. ย Terakhir dia bilang, ย your actions are rude and worthless. ย Semua kontak sudah saya blok. ย Thanks God saya lebih cepat tahu kebenarannya. " ย ( dari E di Jakarta)

Alhamdulilah.ย 

Photo kiriman calon korban. Dok. pribadi
Photo kiriman calon korban. Dok. pribadi
B. CALON KORBAN SCAMMER MENGAKU TENTARA US " JESSICA HINOJOSA " IG @hinojosa_jessica_

IG PALSU @hinojosa_jessica_
IG PALSU @hinojosa_jessica_

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun