Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Cuma sekedar berbagi

Penikmat tulisan dan tontonan Emailnya Ferywidiamoko24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Komposisi Kabinet Kerja Jilid II Jokowi, Menakar Menteri yang Dipertahankan

14 Agustus 2019   16:35 Diperbarui: 14 Agustus 2019   17:29 0 23 7 Mohon Tunggu...
Komposisi Kabinet Kerja Jilid II Jokowi, Menakar Menteri yang Dipertahankan
Presiden Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Senin (8/7/2019).(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Hari ini Jokowi kembali memberikan bocoran terkait posisi para pembantunya. Ia sudah merampungkan nomenklatur kementerian yang tetap berjumlah 34 kementerian.

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 parpol, 55 profesional," ujar Jokowi dalam pertemuan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8), seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Hal ini sudah ia bicarakan dengan partai koalisi pendukungnya dan tidak lama lagi akan segera diumumkan yakni sebelum hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024, tanggal 20 Oktober 2019.

Mengenai menteri berusia muda, ia menyatakan akan ada menteri yang berusia antara 30-35 tahun, bahkan ada yang berusia di bawah 30 tahun.

"Ada menteri nanti usianya masih di bawah 30 tahun. Ini susah mencarinya, tapi akhirnya dapat," kata Jokowi

Target kerja yang dibebankan kepada para menteri tersebut nantinya akan sangat berat. Dengan 2-3 poin Key Performance Indeks (KPI), ia memberi contoh. Menteri ESDM misalnya, harus mampu menyelesaikan pembuatan kilang minyak dalam waktu lima tahun ke depan.

"Menteri yang dipilih harus punya kecepatan," ujarnya.

Jokowi pun memastikan akan banyak menteri-menteri dalam kabinet kerja pertama yang bertahan dalam susunan kabinet baru yang akan datang. Namun kita juga belum tahu ukuran banyaknya itu seperti apa, lebih dari 5, atau bahkan lebih dari 10? We don't know yet.

Nah ini cukup menarik untuk diprediksi siapa saja menteri-menteri petahana yang akan bertahan. Jika kita menilik prestasi kerjanya di periode pertama pemerintahan Jokowi. Paling tidak ada 5 menteri yang masih sangat layak dipertahankan.

Pertama, Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tidak susah melihat keberhasilan Basuki, pembangunan infrastruktur yang masif di hampir seluruh wilayah Indonesia, tidak terlepas dari jasanya dalam mengorkestrai pembangunan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2