Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Siapa Sosok "King Maker" di Balik Kesepakatan dalam Kepekatan Kasus Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki Sirna Malasari?

24 Februari 2021   05:38 Diperbarui: 24 Februari 2021   06:06 290 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Sosok "King Maker" di Balik Kesepakatan dalam Kepekatan Kasus Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki Sirna Malasari?
Jawapos.com

Meskipun kasus pelarian Djoko Tjandra dan suap Jaksa Pinangki Sirna Malasari telah menghasilkan vonis bagi para tersangkanya, tetapi rupanya kasus tersebut masih belum selesai dan akan terus berlanjut.

Kini muncul sosok misterius dibalik ungkapan "King Maker" yang disebut-sebut ikut terlibat secara intens dan disebutkan berkali-kali dalam persidangan tindak pidana korupsi para pihak yang terlibat dalam saga pelarian Djoko Tjandra dan suap sang Jaksa Pinangki "The Sugar Baby" Sirna Malasari.

Nama King Maker pertama kali terkuak dalam persidangan saat  dalam pertimbangan vonis bagi salah seorang terdakwa politisi Partai Nasdem Andi Irfan Jaya yang ikut terlibat dalam kasus ini.

Hal ini kemudian diakui pula oleh terdakwa lain yakni Pengacara Anita Kolopaking, Jaksa Pinangi dan satu terdakwa lain bernama Rahmat.

"Menimbang bahwa dalam file action plan tersebut disebut sosok sebagai "King Maker" menimbang bahwa sosok "King Maker" ditemukan dalam komunikasi chat menggunakan aplikasi Whatsapp antara nomor Pinangki dengan Anita Kolopaking," kata Ketua Majelis Hakim Ignatius Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (18/01/21). Seperti dilansir Kompas.com.

Kasus pelarian Djoko Tjandra ini memang terungkap lapisan demi lapisan mereka yang terlibaf di dalamnya. Kasus ini melibatkan nyaris seluruh instrumen hukum yang ada di Indonesia, mulai dari Kepolisian dengan keterlibatan para pejabat "berbintang" yakni Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetyo Utomo.

Dari Kejaksaan ada Pinangki Sirna Malasari, dari pihak pengacara ada Dewi Anggraeni Kolopaking. Mereka ini lah yang kemudian berusaha akan melibatkan Hakim Agung  melalui permintaan fatwa bebas namun untungnya tak sampai kesana lantaran kasusnya terlanjur terkuak ke publik.

Nah, yang kini harus di dalami adalah siapa sosok King Maker seperti yang disebutkan oleh Majelis Hakim Sidang Tipikor tersebut.

Untuk keperluan tersebutMasyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Selasa (23/02/21) kemarin menyerahkan bukti rinci identitas dibelakang sosok King Maker ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK berjanji mereka akan mengusut tuntas siapa sosok dibalik King Maker ini dan akan membangun kontruksi hukumnya agar bisa diseret ke meja hijau, seperti pihak lain yang terlibat dalam kasus pelarian Djoko Tjandra ini

Pertanyaannya siapa sih sosok King Maker ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN