Mohon tunggu...
Fernando Revandra
Fernando Revandra Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Travelling Asyik la Influencer Muda, Arief Muhammad

12 Desember 2020   08:22 Diperbarui: 12 Desember 2020   09:16 47 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Travelling Asyik la Influencer Muda, Arief Muhammad
Sumber: Muhammad, Arief. "VLOGGG #92: Honeymoon ke Jepang!" (Sumber: Youtube/Arief Muhammad)

Arief Muhammad merupakan seorang influencer muda dari Indonesia. Dilansir dari laman Youtube www.youtube.com/user/AriefMuhammaddd/featured, Arief Muhammad memiliki akun Youtube dengan total subcribers 2,57 juta saat ini. Selain menjadi influencer, Arief Muhammad juga dapat disebut sebagai seorang vlogger ataupun youtuber karena beliau membuat banyak video blog di akun Youtubenya. 

Perjalanan karier dari seorang Arief Muhammad dapat dibilang sukses dan mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Batam, 26 Oktober 1990 ini mengawali kariernya sebagai pemilik akun viral Twitter dengan nickname @poconggg, akun tersebut pernah viral pada tahun 2010 dengan cuitan-cuitannya yang menggelitik penggemarnya. Berangkat dari viralnya di Twitter, akhirnya Arief Muhammad mulai berkecimpung di dunia Youtube pada tahun 2014.

Arief Muhammad sering mengunggah video tentang perjalanannya travelling ke luar negeri dan menampilkan budaya-budaya dari negara yang telah beliau kunjungi didalam video Youtubenya. Arief Muhammad dilansir dari Kompas.com memiliki 396.724.670 penonton video di Youtubenya. 

Angka tersebut merupakan angka yang fantastis dalam dunia Youtube. Jumlah total penonton video Youtube dari Arief Muhammad tersebut diikuti dengan perkembangan teknologi saat ini. Arief Muhammad dapat mencakup wilayah penonton yang luas karena adanya perkembangan teknologi terhadap internet saat ini. Masyarakat hanya membutuhkan perangkat elektronik dan juga internet untuk membuka aplikasi Youtube, oleh karena itu masyarakat yang tinggal dimanapun dapat melihat video yang diunggah oleh Arief Muhammad.

"Cell phones are already used for voice and e-mail communication and internet access, and function as cameras, voice recorders, personal organizers, game devices, and music players (Samovar, 2009, p. 4)." Ponsel menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat, dengan akses internet sebuah ponsel dapat memutar video termasuk video yang terdapat di Youtube. Perkembangan teknologi terhadap ponsel tersebut membuat aktivitas manusia semakin praktis ditambah dengan internet semua terasa udah. Pembuatan video Youtube tidak harus menggunakan camera digital, dengan ponselpun video dapat dibuat dan diunggah ke Youtube oleh siapa saja.

Video yang akan dianalisis dalam artikel ini adalah video Youtube dari Arief Muhammad yang berjudul "VLOGGG #92: Honeymoon ke Jepang!" dilansir dari laman  www.youtube.com/watch?v=l5I1Vi-Xd9U. Pada video tersebut Arief Muhammad beserta istrinya Tiara Pangestika mengabadikan moment kebersamaan honeymoon mereka kedalam sebuah video blog. 

Video tersebut menunjukkan bahwa Arief Muhammad sedang berkunjung ke negara Jepang. Video diawali dengan curahan hati Arief Muhammad yang ingin memberikan kejutan kepada istrinya (Tiara Pangestika) untuk jalan-jalan ke luar negeri. Arief Muhammad sekaligus mempromosikan aplikasi Traveloka dalam videonya dengan cara menunjukkan aplikasi yang beliau gunakan dalam membeli tiket pesawat dan juga hotel di Jepang.

Arief Muhammad pergi ke Jepang hanya untuk urusan senang-senang bersama istrinya dan tidak menunjukkan urusan bisnis sedikitpun, sesuai dengan kutipan dari Samovar, "People are now traveling widely for both business and pleasure (Samovar, 2009, p. 4)." Perkembangan teknologi yang sudah masuk kedalam ranah pariwisata saat ini membuat kegiatan travelling menjadi semakin praktis. 

Budaya Jepang dan budaya Indonesia tentunya berbeda, salah satunya dilansir dari Youtube Arief Muhammad pada menit 03:18, pintu di rumah-rumah negara Jepang umumnya menggunakan pintu geser, sedangkan di Indonesia pintu rumahnya ditarik atau didorong. Arief Muhammad juga mengatakan "Oiya, aku lupa kita lagi di Jepang" hal ini mempertegas bahwa Arief Muhammad juga mengomunikasikan perbedaan budaya yang ada di Jepang dan dengan yang ada di Indonesia.

Pada scene selanjutnya, Arief Muhammad menginformasikan bahwa Jepang menjadi negara yang memiliki akses kereta yang mudah karena stasiun kereta di Jepang memiliki tanda atau petunjuk yang jelas. 

Secara tidak langsung, Arief Muhammad juga memberitahukan kepada kita bahwa budaya orang Jepang lebih sering menggunakan transportasi umum dari pada transportasi pribadi, dilansir dari Youtube Arief Muhammad pada menit 06:30 Arief Muhammad menginformasikan bahwa eskalator di Jepang memiliki attitude tersendiri, yaitu lajur kiri untuk orang yang berdiam diri di eskalator sedangkan lajur kanan untuk orang yang ingin jalan cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN