Mohon tunggu...
Fernando Indrawan
Fernando Indrawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

ini bio bukan fisika apalagi kimia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Humanisasi Unpar 2022

27 Oktober 2022   18:44 Diperbarui: 27 Oktober 2022   18:55 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo perkenalkan nama saya Fernando indrawan di kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya saat saya mengikuti geladi yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora UNPAR. Kegiatan geladi ini berupaya untuk menyadarkan manusia khususnya mahasiswa UNPAR untuk berfikir rasional dan kritis. Hal ini menunjukan gabungan dari 3 mata kuliah umum yang ada di UNPAR yaitu Bahasa Indonesia, Logika dan pendidikan kewarganegaraan. 

Sebelum kegiatan geladi tersebut dimulai ada beberapa tugas yang diberikan oleh penyelenggara yang pertama adalah saya disuruh untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya dan diberi pertanyaan dan tugas kedua saya diberi beberapa pilihan film untuk saya tonton dan memberi pendapat saya sesudah saya menonton film tersebut sesudah saya mengerjakan tugas Pra-geladi saya mendapatkan akses untuk mengikuti geladi .

Pada tanggal 22 oktober 2022 mulailah kegiatan geladi, kegiatan dibuka dengan kita menyanyikan lagu Indonesia raya 3 stanza dan dilanjutkan dengan kita menyanyikan mars UNPAR sebagai identitas akademik mahasiswa UNPAR, kegiatan selanjutnya penyampaian informasi mengenai tujuan dari kegiatan geladi oleh ketua LPH UNPAR, Pak Yohanes Priyanto, beliau menyampaikan tujuan kegiatan dalam bentuk video.

Selanjutnya, sambutan dari Pak Andreas Doweng Bolo mengenai penerapan kewarganegaraan, logika dan berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari hari secara benar dan tepat di masyarakat, terdapat sesi permainan supaya partisipan tidak terlalu tegang untuk mengikuti kegiatan geladi dan permainan tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Indonesia.

Kegiatan selanjutnya kita dibagi menjadi beberapa kelompok yang sudah diberi oleh penyelenggara dan diminta untuk berdiskusi dan mempresentasikan dan kelompok saya mendapat topik Hari narablog nasional, topik yang tidak banyak orang tahu tetapi sangat menarik dan kita menampilkan hasil berdiskusi dengan cara seolah olah kita sedang melakukan wawancara, salah satu teman saya menjadi orang yang mewawancara narasumber dan sisa dari kelompok saya menjadi narasumber nya, proses diskusi terjadi selama 1 jam yang membuat kita untuk berlatih berpikir kritis di saat waktu tidak banyak

Kegiatan selanjutnya adalah mempresentasikan hasil diskusi berkelompok, dibagi beberapa breakout room untuk mempresentasikan hasil diskusi dan sesudah selesai, ada dua pengawas yang menilai hasil diskusi kami dan menilai presentasi kami dan yang paling menarik akan maju untuk di tampilkan seluruh partisipan di kegiatan tersebut

Kegiatan geladi melatih saya untuk menggunakan bahasa yang baik dan berpikir kritis saat dipacu dengan waktu dan kemampuan yang secara singkat saya dapati adalah cara berpikir terbuka saat berdiskusi dengan orang yang baru kita kenal. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun