Mohon tunggu...
felix satrio
felix satrio Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pecinta Pendidikan, kebudayaan, kesenian, kemanusiaan dan Katolisitas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melatih Peneliti Belia Melalui P5

12 Mei 2023   11:37 Diperbarui: 23 Agustus 2023   10:42 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Melatih Peneliti Belia Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Urgensi Skills Meneliti Bagi Peserta Didik

Kemampuan meneliti adalah keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh siswa SMP dan SMA. Meneliti memungkinkan siswa untuk memperoleh informasi yang lebih dalam dan akurat tentang suatu topik atau masalah, dan membantu mereka untuk memahami dunia di sekitar mereka secara lebih baik. Selain itu, kemampuan meneliti juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis, kreatif, dan mandiri yang sangat penting dalam kehidupan mereka di masa depan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kemampuan meneliti sangat penting bagi siswa SMP dan SMA:

  • P5 menggunakan pendekatan inquiry-based yang mana merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi dan pemecahan masalah oleh siswa. Melalui proses meneliti, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik yang sedang dipelajari. Meneliti memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi topik secara lebih mendalam, memperoleh informasi baru, dan memperluas pemahaman mereka. Bucy, M. T., & Craft, M. A. (2010)

Contoh kongkert; Siswa dapat melakukan penelitian tentang kearifan lokal yang ada di daerah mereka, seperti sistem pengobatan tradisional, teknik pertanian lokal, atau pengolahan makanan tradisional. Siswa dapat melakukan wawancara dengan para ahli atau praktisi kearifan lokal untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang topik yang sedang dipelajari.

  • Mengembangkan keterampilan kritis: Meneliti membutuhkan kemampuan kritis dan analitis yang tinggi. Siswa harus mampu mengevaluasi sumber informasi, membandingkan informasi yang berbeda, dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Kemampuan ini sangat penting bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka. Halpern, D. F. (1998)

Contoh kongkret: Siswa dapat meneliti tentang berbagai jenis sampah yang dihasilkan di lingkungan mereka, cara pengelolaan sampah yang berkelanjutan, dan dampak dari pengelolaan sampah yang tidak tepat terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Dalam proses penelitian, siswa dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, artikel online, atau melakukan wawancara dengan ahli atau praktisi di bidang pengelolaan sampah.Setelah itu, siswa dapat membandingkan informasi dari berbagai sumber, mengevaluasi keandalan informasi yang diperoleh, dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Kemudian, siswa dapat merancang program atau kegiatan yang dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai atau melakukan daur ulang sampah.

  • Mempersiapkan untuk kuliah: Meneliti merupakan keterampilan yang sangat penting dalam dunia perguruan tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan meneliti yang baik akan lebih siap untuk menghadapi tugas-tugas yang rumit dan lebih siap untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang sedang dipelajari.

Contoh kongkret, saat kuliah; tugas-tugas berupa makalah dan penulisan karya ilmiah akan sangat sering dan juga di termin akhir kuliah akan ada tugas akhir betupa skripsi, tesis dan disertasi. Semua hal tersebut akan sangat terbantu dengan kemampuan meneliti yang dibangun sejak sekolah.

  • Menumbuhkan kepercayaan diri: Siswa yang mampu meneliti secara efektif akan merasa lebih percaya diri dan lebih siap untuk menghadapi tantangan akademik dan kehidupan. Kemampuan untuk memecahkan masalah dan mencari informasi secara mandiri akan membuat siswa merasa lebih mampu dan berdaya dalam menghadapi berbagai situasi yang kompleks. Stansbury, K., & Zimmerman, B. J. (2020).

Contoh kongkret; Seorang siswa mengikuti sebuah proyek penelitian yang membutuhkan pengumpulan data secara mandiri. Dalam proses ini, siswa belajar bagaimana mencari informasi yang dibutuhkan, memilih metode pengumpulan data yang tepat, serta menganalisis dan mengevaluasi data tersebut. Kemampuan untuk melakukan tugas ini secara mandiri dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan tugas akademik yang kompleks di masa depan.

Integrasi skills meneliti dengan P5

Ada 9 Skills Meneliti yang akan diintegrasikan dengan P5:

1. Menumbuhan kepekaan pada masalah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun