Mohon tunggu...
Felisha FaradilaPutri
Felisha FaradilaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi ULM 2021

Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Universitas Lambung Mangkurat 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Mengatahui Jati Diri Secara Nasionalisme

24 Oktober 2021   07:37 Diperbarui: 24 Oktober 2021   07:40 104 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Membicarakan tentang "Jati Diri," pada dasarnya manusia sendiri mempunyai jati diri mereka masing-masing. Jati diri seseorang adalah bentuk dasar atau identitas seorang manusia berbuat, memprojeksi sebagaimana dirinya tersebut. Namun, dalam berbangsa negara seorang manusia atau disebut rakyat, sudah semestinya memiliki pemahaman sesuai dengan negara yang mengampunya. 

Pemahaman ini disebut dengan ideologi yang bertujuan untuk menjadi pedoman hidup seorang rakyat yang berkewarganegaraan dan hidup sesuai dengan nilai-nilai paham tersebut. Negara Indonesia sendiri memiliki ideologi yaitu Pancasila dimana rakyatnya sejak dari lahir mempunyai jati diri secara nasionalisme yang disebut sebagai Pancasila.

Banyak pertanyaan yang muncul berkaitan dengan eksistensi dan hakikat jati diri secara nasionalisme misalkan, kenapa jati diri seseorang tergantung akan tempat kelahirannya, dan mengapa perlu adanya pemahaman akan pentingnya jati diri seseorang yang berkewargagenagaraan, sedangkan manusia itu beraneka-ragam pemikiran, penafsiran dalam kebebasan dan beridentitaskan itu sendiri

Apa Itu Jati Diri Secara Nasionalisme?

Jati diri secara umum sering diartikan sebagai identitas diri yang dimaksud sebagai ciri khas atau tanda seseorang, sekelompok orang, atau suatu bangsa. Jati diri adalah bentuk seseorang memperlihatkan bahwa inilah dirinya secara nyata. Lalu Jadi diri secara Nasionalisme seperti apa?

Nasionalisme sendiri menurut KBBI memiliki arti, Pemahaman untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Disebut jati diri nasionalisme dikarenakan adanya seorang rakyat yang dinaungi negara, dimana rakyat tersebut terlahir dan memiliki kehidupan dan wajib mengikuti hukum, pemahamanan atau ideologi dan tata kenegaraan tersebut. 

Dalam artiannya bahwa seorang rakyat memiliki pemahaman atau pedoman hidup berlandaskan nilai-nilai kehidupan ideologi negaranya atau identitas negara tersebut melekat pada dirinya dimanapun ia berada

Pentingnya Memahami atau Mengetahui Jati Diri Nasionalisme

Arti Penting jati diri secara nasionalisme bagi rakyat Indonesia adalah sebagai dasar seorang rakyat dalam menyelengarakan komponen-komponen negaranya berasakan ideologi yaitu Pancasila, dengan mengetahui pentingnya memahami akan suatu jati diri kita akan mengetahui bahwa ideologi adalah suatu fundamental dalam menjalankan kehidupan sesuai dengan aturannya. 

Pancasila sendiri berfungsi sebagai suatu wadah dalam menggapai sebuah ide atau cita-cita. Diharapkan dengan adanya hal tersebut, warganya akan mengusahakan menggapai cita-cita berlandaskan rasa cinta dan bela negara menuju suatu kenyataan atau kemerdekaan untuk semua.

Akibat Ketidakpahaman akan Jati Diri Nasionalisme

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan