Mohon tunggu...
Febri Valentina
Febri Valentina Mohon Tunggu... Administrasi - Prodi Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati

Beristirahatlah jika lelah, dan kejar selagi mampu

Selanjutnya

Tutup

Money

Kondisi Pasar Modal Saat Ini

30 Maret 2020   21:15 Diperbarui: 10 April 2020   16:54 8262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

A.A Febri Valentina

" Prodi Akuntansi FEB Universitas Mahasaraswati "

Pasar Modal?? Dua kata tersebut pastinya tidak terdengar asing ditelinga kalian. Sebelum mengupas kondisi pasar modal saat ini, saya akan menjelaskan sedikit apa itu pasar modal? 

Banyak orang mengatakan manfaat dari pasar modal merupakan sarana investasi serta tempat memobilisasi ( Menggerakan ) dana jangka panjang. Pasar modal merupakan indikator ( tanda ) naik -- turunnya ekonomi suatu negara. 

Pasar modal juga merupakan transaksi jual beli tetapi yang diperdagangkan seperti surat berharga yang diterbitkan pemerintah ( Investor ) yang membutuhkan modal usaha. Selain itu yang diperdagangkan yaitu instrument keuangan seperti saham, surat utang, dan reksa dana.

Bagaimana kondisi pasar modal saat ini? Perkembangan pasar modal saat ini bergejolak semenjak Pandemi Covid19. Melihat situasi saat ini sangat memprihatikan yang menyebabkan koreksi cukup dalam di pasar modal Indonesia. Indeks harga saham gabungan ( IHSG ) telah turun 22% di awal tahun 2020. 


Tercatat mengalami penurunan saham dikarenakan wabah yang menyerang Indonesia. Pasar modal Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami penurunan yang cukup drastis. Berdasarkan data yang di dapat mulai dari infrastuktur, pertanian, aneka industri, pertambangan dan yang lainnya sudah mulai melemah sedangkan sektor keuangan mengalami peningkatan.

Dampak Pandemi Covid19 menyebabkan penghambatan aktivitas ekonomi dan perdagangan. Di tengah kondisi seperti ini Otoritas Jasa Keuangan( OJK ) tidak akan diam dan akan memantau perkembangan pasar modal di Indonesia untuk menjaga agar pasar tetap beroperasi. Bersama dengan Self- Regulatory Organization ( SRO ), Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) akan terus mengupayakan agar berlangsungnya aktivitas perdagangan secara efisien, teratur dan layanan untuk seluruh stakeholders. Untuk kelangsungan operasional atau aktivitas pasar, Otoritas Jasa Keuangan dan Self- Regulatory Organization telah melakukan Business Continuity Management ( BCM ) untuk tercapainya hal tersebut.  Bursa Efek Indonesia ( BEI ) juga sudah menyiapkan solusi untuk melakukan relaksasi agar pasar tetap menjanjikan.

Mengambil kesempatan dalam kesempitan. Kesempatan yang baik bagi investor untuk mengakumulasi saham. Namun, harus tetap berhati-hati untuk memastikan layaknya fundamental emiten. Ini waktu yang tepat untuk masuk pada bursa. IHSG tertekan? Akan terjadi recovery ( Pemulihan ). Teruntuk pemerintah ( Investor ) tidak perlu cemas lagi terkait turunnya saham atau pasar modal saat ini karena ini diperkirakan hanya sementara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun