Mohon tunggu...
Fitria Nur Anggraini
Fitria Nur Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030061 UIN Sunan Kalijaga

Sedang menulis

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Pasar Beringharjo: Bagaimana Kondisi Keamanannya?

4 Juni 2024   21:26 Diperbarui: 4 Juni 2024   22:44 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama petugas Kamtib (dokpri)

Keamanan adalah suatu hal yang membuat seseorang menjadi nyaman berada di suatu tempat. Salah satunya berada di Pasar Beringharjo, pasar yang menjadi pusat belanja di Yogyakarta. Pasar ini adalah salah satu destinasi belanja terpopuler di Yogyakarta, menarik ribuan orang setiap hari. Terdapat banyak pengunjung dan wisatawan dari berbagai daerah yang cukup banyak berdatangan di Pasar Beringharjo. 

Volume pengunjung saat hari weekend lebih banyak dibanding dengan hari biasa. Pedagang-pedagang pun ramai berjualan dengan kalimat-kalimat bujukan disertai dengan nada halus kepada pelanggan. 

Pedagang tersebut berjualan mulai dari pakaian batik khas jogja hingga kuliner yang menggugah. Pasar Beringharjo sangat luas membuat pedagang berjualan banyak jenisnya. Kalau soal keamanan pengunjung dan pedagang, Pasar Beringharjo sudah tidak diragukan lagi.

Pasalnya sudah sangat lama sekali pos Kamtib di Pasar Beringharjo tidak menerima laporan kasus ricuh. Masalah-masalah kecil saja yang mungkin sering diterima seperti kehilangan rombongan atau lepas dari salah satu anggota keluarga yang tidak bisa dihubungi dan kehilangan barang. 

Kalau sudah kejadian biasanya pengunjung menuju ke pos kamtib untuk melaporkan petugas di sana dan petugas Kamtib akan memberikan pengumuman dengan pengeras suara yang terdengar di seluruh pasar.

Selain pengunjung yang lepas dari rombongan keluarga, biasanya pengunjung meminta bantuan kepada keamanan untuk melaporkan dengan pengeras suara barang yang hilang dan biasanya juga ada yang meminta untuk mengumumkan mobil yang parkir di sembarang tempat agar diparkirkan dengan benar sehingga tidak menutupi jalan.

"Selain itu ya woro-woro kepada pengunjung untuk selalu berhati hati sama barang bawaan tas dan hal yang dilakukan itu ya tas harus berada didepan agar selalu terpantau," ucap Rizkan salah satu petugas Kamtib saat berjaga.

Agar mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian tersebut selain petugas kamtib mengumumkan lewat pengeras suara, upaya yang dilakukan petugas Kamtib ialah sering berpatroli mengelilingi pasar guna mengurangi tingkat kriminal, memantau dan mengawasi situasi dan mengingatkan pengunjung langsung untuk tas selalu ditaruh di depan serta selalu berhati hati ketika bertransaksi. 

Berkat petugas Kamtib selalu mengumumkan pengunjung untuk selalu waspada, akhir akhir ini sudah jarang sekali petugas Kamtib menerima laporan kehilangan barang.

Selain mengumumkan jika ada laporan dari pengunjung Keamanan dan Tata Tertib (Kamtib) juga sering menertibkan pedagang yang berjualan menyalahi aturan. Misalnya saja pedagang yang berjualan di tempat yang tidak seharusnya jadi tempat jualan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun