Jepara (11/02) -- Keputusan pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan metode online atau dalam jaringan (daring), menimbulkan banyak gagasan inovatif dari mahasiswa peserta KKN Universitas Diponegoro Tahun 2021. Salah satunya yang dilakukan mahasiswa peserta KKN Undip di Desa Potroyudan, Jepara. Tim KKN di Potroyudan itu menyiapkan program pembuatan games edukasi bagi siswa SD. Khususnya games untuk Pembelajaran Statistika Dasar untuk Siswa Kelas 6 SD.
Pada tanggal 8 Januari 2021 lalu, mahasiswa KKN itu mendatangi SDN Potroyudan untuk memaparkan program games edukasi tersebut. Metode yang dipakai adalah meningkatkan peran aktif siswa dalam belajar sistem daring ini. Tujuannya, agar siswa tidak bosan karena kurang interaksi dengan belajar sistem daring ini. Selanjutnya, diharapkan siswa lebih bisa menyerap materi.
Ardy Pualam Sakti, wali kelas 6 SDN Potroyudan, mengakui, kegiatan belajar mengajar daring selama pandemi ini kurang menonjolkan keterlibatan siswa. Kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui grup WhatsApp yang dibuat oleh wali kelas masing-masing. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan adalah dengan memberikan materi pelajaran, dan dilanjutkan dengan pemberian tugas agar siswa lebih memahami materi yang telah diberikan.
"Keterlibatan siswa kurang. Akibatnya, siswa merasa jenuh, sehingga semangat belajar pun berkurang," katanya. Dia pun menyambut baik program games edukasi yang disiapkan mahasiswa KKN Pulang Kampung Undip. "Semoga dengan belajar melalui games, motivasi siswa meningkat," harapnya.