Febrian IK
Febrian IK Karyawan Swasta

Side Job : Writer // I Write What I Love // I Speak Through My Writing // Know me through my page

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Produce48, Kpop dan Jpop dalam Satu Panggung

12 Juni 2018   14:19 Diperbarui: 12 Juni 2018   14:33 663 0 0
Produce48, Kpop dan Jpop dalam Satu Panggung
(sumber: teras.id)

10 Mei 2018 yang lalu, Youtube Channel Mnet Official mengunggah sebuah video untuk Reality Show terbaru mereka yang akan segera tayang dalam waktu dekat. Program baru mereka tersebut diberi nama PRODUCE48. Untuk kamu pecinta Kpop mungkin sudah tidak asing lagi dengan program Produce 101 yang sudah sukses menarik perhatian dunia selama penayangannya di season 1 dan season 2. 

Untuk kamu yang belum tau, Produce 101 adalah sebuah survival reality show yang menghadirkan trainee-trainee dari berbagai agensi di korea. Sesuai dengan namanya Produce 101 menghadirkan hingga 101 trainee yang akan bersaing memperebutkan 11 posisi teratas untuk akhirnya bisa debut dalam satu grup.

Di season 1, Mnet sukses mendebutkan group I.O.I dan di season 2 sukses dengan group Wanna One yang sampai saat ini masih aktif dengan kegiatan promosi mereka. Di season yang baru ini Mnet hadir dengan konsep yang unik, yaitu dengan menghadirkan kontestan dari Jepang yang terlebih dahulu sudah aktif didalam group AKB48 dan sister groupnya.

PERBEDAAN KONSEP YANG DIPADUKAN DALAM SATU PANGGUNG

Kamu penggemar Kpop ataupun Jpop pastinya paham betul jika kedua genre tersebut memiliki konsep yang berbeda. Jika Jpop lebih banyak mengambil genre rock atau pop rock, Kpop menghadirkan genre yang lebih beragam. Ketika melakukan Live Performancepun keduanya punya cara yang berbeda.

Kpop identik dengan Live Dance mereka yang sangat menarik untuk dilihat. Sedangkan Jpop lebih banyak melakukan interaksi dengan penontonnya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun seperti apa ya kalau keduanya digabungkan didalam satu panggung dan melakukan performance bersama. Tentunya ini menjadi hal yang sangat dinantikan oleh penggemar Kpop maupun Jpop diseluruh dunia. 

PERBEDAAN SISTEM TRAINING YANG AKAN MENIMBULKAN 

Tak diragukan lagi, para Kpop Idol pernah menjalani proses training yang panjang dan juga sulit. Bahkan tiap agency memiliki sistem training yang berbeda-beda pula. Perbedaan mencolok muncul pada sistem training grup korea dan sistem training AKB48 Group. Jika para member group kpop diharuskan menjalani serangkaian training sebelum akhirnya bisa debut, para Trainee AKB48 Group justru sudah diperbolehkan untuk tampil pada masa-masa trainingnya.

Dengan konsep unik ini, Yasushi Akimoto sebagai Produser ingin menonjolkan prinsip tumbuh dan berkembang bersama fans, sehingga fans dapat melihat perkembangan para Trainee secara langsung. Perbedaan ini juga yang banyak dipermasalahkan oleh fans. Apakah trainee Jepang dapat mengikuti sistem training di Korea?

PERBEDAAN BAHASA JADI RINTANGAN TERBESAR?

Pertanyaannya yang selanjutnya muncul adalah, bagaimana acara Produce 48 ini akan dilaksanakan? Apakah Mnet akan menyediakan banyak translator untuk para kontestan dari Jepang? Beberapa trainee dari Korea memang sudah dapat fasih berbahasa Jepang. Seperti misalnya Ga Eun yang fasih berbahasa Jepang karena sudah sering melakukan promosi bersama dengan Grupnya selama di Jepang. Namun bagaimana dengan Trainee lain? Apakah bahasa akan menjadi penghalang terbesar mereka dalam meraih posisi pertama?