Mohon tunggu...
FEBRIANTO
FEBRIANTO Mohon Tunggu... Lainnya - entrepreneur

Olahraga, Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Untag Surabaya Lakukan Bimbingan Pemasaran Produk secara Digital

29 Juni 2022   04:43 Diperbarui: 29 Juni 2022   11:12 31 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Di era Pandemi Covid 19  di akhir tahun 2019 menjadi masalah dunia internasional termasuk di Indonesia. Pandemi Covid 19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik hampir di seluruh negara, termasuk di Indonesia.

 Dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan sektor UMKM. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh adanya pandemi ini meliputi 5 aspek yakni 1) Aspek penjualan. 

 Rata-rata penurunan penjualan UMKM sebesar 61%, 2) Aspek laba usaha. Ratarata penurunan laba usaha sebesar 61%, 3) Aspek permodalan. Jumlah UMKM yang mengalami permasalahan modal meningkat menjadi 71,4%, 4) Aspek jumlah karyawan. 

Pada aspek ini, UMKM melakukan pengurangan jumlah karyawan sebesar 22%, dan 5) Aspek kemampuan pembayaran angsuran bank. Hampir semua pelaku UMKM (terutama pelaku usaha mikro) mengalami kendala dalam melaksanakan kewajibannya terhadap perbankan.

 Dampak pandemi juga terasa sampai Kota Sidoarjo Jawa Timur terutama bagi UMKM menengah kebawah banyak beberapa dari Pemilik UMKM harus merelakan usaha yang meraka bangun bertahun - tahun harus gulung tikar, 

dampat ini juga terasa bagi Ibu Anik  Pemilik UMKM Toko Helm dan Dasi banyak dampak Covid19 yang disampaikan oleh Ibu Anik Bahkan beliau harus memutar otak dengan keras agar usaha yang di bangun tetap bisa bertahan, sempat berjualan masker kain pada awal pandemi karena pada saat itu masker medis bisa dibilang sangat langka, ini di lakukan agar bisa tetap bertahan kerena penjualan produk utamanya mengalami penurunan.

 Setelah melakukan survei dan meminta pendapat pada tokoh masyarakat setempat  Febrianto selaku Mahasiswa Untag Surabaya memilih UMKM Toko Helm dan Dasis sebagai mitra KKN, lokasi Mitra teletak pada Rt 01 Rw 04 kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo dengan mengusung  tema ''Pendampingan digitalisasi  pemasaran UMKM'' 

Pada KKN tahan ini setiap mahasiswa melakukan KKN secara individu di domisi masing-masing,  di bawah bimbingan Lukman Hakim, S.Fil., M.Phil, selaku dosen pembimbing lapangan di harapkan kegiatan pelaksanaan kkn dapat berdampakpositif bagi Mitra UMKM.

 

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan