Mohon tunggu...
Winarni
Winarni Mohon Tunggu... Administrasi - Pedagang

Perkenalkan nama saya Winarni, sekarang saya sedang mengambil Paket C di PKBM Annajm Prestasi, Pada tulisan ini saya akan menceritakan hasil observasi saya di Kantin Sekolahan SD Jakarta Barat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Laporan Hasil Observasi Siomay di SD

4 Maret 2024   20:18 Diperbarui: 4 Maret 2024   20:24 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan nama saya Winarni, sekarang saya sedang mengambil paket C di PKBM Annajm Prestasi. Pada tulisan ini saya akan menceritakan hasil observasi saya di Kantin SD.

Siomay adalah sejenis dimsum yang merupakan makanan tradisional Tiongkok. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sedangkan dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Kulit siomay serupa dengan kulit pangsit.
Di Indonesia, siomai atau biasa disebut sebagai siomay identik dan dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Banyak pedagang di Indonesia menggunakan label "Siomay Bandung" sebagai nama dagangan mereka. 

Di masakan Indonesia, terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Siomai biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap seperti telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria, dan kubis. 

Sebelum dihidangkan, biasanya siomai dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat. Tahu bakso (tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka) juga dapat dimasukkan ke dalam jenis siomai, yang di Jawa Barat juga dikenal dengan sebutan Bakso Tahu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun