Mohon tunggu...
Febrian Arrya W
Febrian Arrya W Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Penelusuran Gua Karst untuk Mengakses Sungai Bawahtanah di Desa Tambakrejo

13 November 2021   12:08 Diperbarui: 13 November 2021   12:11 97 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kawasan karst merupakan daerah yang memiliki kenampakan eksokarst dan endokarst. Kenampakan endokarst berupa adanya ornament gua dan sungai bawahtanah. 

Sungai bawah tanah yang ada di kawasan karst umumya berada di lorong gua. Gua memiliki lingkungan yang cukup unik dan terkadang beberapa gua sulit untuk diakses. 

Untuk memasuki gua dan mengakses sungai bawahtanah perlu pengetahuan, keterampilan, dan keahlian mengenai kondisi lorong gua.

Desa Tambakrejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Beberapa gua yang berada Desa Tambakrejo memiliki sungai bawahtanah yang mengalir sepanjang tahun, salah satunya adalah Gua Mbah Wajib. 

Masyarakat yang tinggal di sekitar gua, dapat mengakses keberadaan sungai bawahtanah dengan memperhatikan prinsip ekologi dan berkelanjutan. Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh masyarakat. 

Febrian Arrya Withuda salah satu fasilitator mengungkapkan bahwa masyarakat perlu mengetahui potensi alam yang terdapat disekitar tempat tinggalnya, dan perlu diberikan pemahaman agar bijak dalam memanfaatkan potensi. 

Dengan demikian perlu upaya dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan masyarakat Desa Tambakrejo dalam melakukan penelusuran lorong gua.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelatihan. Pelatihan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan materi ruang dan praktek lapangan. 

Pemberian materi ruang meliputi pengenalan kawasan karst Sendang Biru dan etika dalam melakukan penelusuran gua, sedangkan praktek lapangan dilakukan dengan pendampingan pembuatan simpul, keterampilan ringging, keterampilan SRT (Single Rope Technique), dan penelusuran lorong Gua Mbah Wajib. 

Materi ruang dan praktek lapangan diberikan agar menjadi pondasi bagi masyarakat yang memanfaatkan sumberdaya air tersebut untuk kebutuhan masyarakat di masa mendatang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan