Mohon tunggu...
febiana devitantia
febiana devitantia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi S1 keperawatan

mahasiswi keperawatan fakultas kesehatan universitas citra bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemberdayaan Masyarakat Pentingnya Cara Mengurangi Risiko Tertular Virus Covid-19

28 Juli 2021   18:56 Diperbarui: 28 Juli 2021   19:02 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemberdayaan Masyarakat Pentingnya Cara Mengurangi Risiko Tertular Virus Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa tahun kedua pandemi virus corona kemungkinan akan lebih parah dibandingkan pada tahun pertama. Saat ini di Indonesia telah terjadi peningkatan pada jumat (25/6/2021) terdapat sebanyak 2.072.867 kasus positif corona di Indonesia, jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 18.872 dari hari sebelumnya 2.053.995 kasus.

Virus yang menyebabkan COVID-19 terutama ditransmisikan melalui droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. 

Droplet ini terlalu berat dan tidak bisa bertahan di udara, sehingga dengan cepat jatuh dan menempel pada lantai atau permukaan lainnya. 

Dengan begitu akan lebih mudah dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika Anda berada terlalu dekat dengan orang yang sudah terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

Orang yang tinggal atau bepergian di daerah di mana virus COVID-19 bersirkulasi sangat mungkin berisiko terinfeksi. 

Mereka yang terinfeksi adalah orang-orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala melakukan perjalanan dari negara terjangkit, atau yang kontak erat, seperti anggota keluarga, rekan kerja atau tenaga medis yang merawat pasien sebelum mereka tahu pasien tersebut terinfeksi COVID-19.

Pemberdayaan masyarakat tentang Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari COVID-19 di era pandemic saat ini yaitu dengan mematuhi protocol Kesehatan yang utama maka perlu diperhatikan etika batuk seseorang agar dapat mengurangi resiko tertular virus corona yaitu Ketika batuk sebaiknya menggunakan masker yang baik dan benar dengan menutup mulut, hidung dan dagu, 

Ketika tidak ada masker maka seseorang bisa menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam, atau jika seseoramg mempunyai tisu maka bisa menggunakan tisu dengan menutup mulut dan hidung dengan tisu, dan setelah menggunakan tisu jangan lupa membuang tisu tersebut ditempat sampah.

Pencegahan untuk mengurangi resiko tertular virus corona dikalangan masyarakat juga bisa dilakukan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir minimal 20 detik. 

Cuci tangan memakai sabun pada saat tiba dirumah, tempat kerja atau sekolah, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet. Menggunakan cairan pembersih tangan (minimal 60% alcohol) bila sabun dan air mengalir tidak tersedia. Menjaga jarak dengan orang yang tidak sehat, menghindari menyentuh area wajah, dan juga hindari bersalaman dan sebagai pengganti bisa dengan melambaikan tangan, salam siku atau beri senyum.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN