Bertemu lagi di blog saya kali ini...oh iya bagiamana keadaan readers? Semoga selalu diberikan kesejatan ya...kali ini penulis masih akan membahas tentang APE. Kemarin kita sudah belajar tentang manfaat, fungsi dan lain-lain APE. Sekarang kita akan membahas tentang konsep alat permainan edukatif menurut orang yang ahli dibidang anak usia dini terutama tentang APE.
Seperti yang kita tahu sistem pendidikan anak usia dini yang terkenal salah satunya Montessori. Ternyata montessori tidak hanya membuat teori tentang sistem pendidikan tetapi juga membahas tentang APE. Menurut Montessori dalam APE terdiri dari tiga prinsip utama yang pertama disebut dengan pendidikan anak usia dini atau dalam bahasa inggris disebut dengan early chilhood. Selanjutnya yang kedua yaitu lingkungan pembelajar atau dalam bahasa inggris disebut the learn environment. Kemudian yang terakhir yaitu the role of the teacher.
Kemudian selain teori Montessori ada juga toeri Elizabeth Peabody. Menurut Elizabeth Peabody alat permaian edukatif atau yang disebut APE yaitu alat bermain yang dapat mengembangkan aspek tertentu dalam perkembangan anak usia dini sehingga nantinya anak dapat tumbuh dengan cerdas saat bermain. Salah unsur yang paling penting dalam permainan yaitu unsur edukatif. Kemudian aspek tertentu dalam perkembangan anak usia dini ada enam yaitu nilai agama dan moral, kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa dan seni. Dalam pembuatan alat permainan harus memiliki sifat-sifat yaitu memadukan, meronce, bongkar pasang dan lain sebagainya.
Nah, itulah konsep APE yang disebut oleh Elizabeth Peabody. Sebelum melanjutkan ke teori selanjutnya, sebenarnya siapa sih Elizabeth Peabody. Jadi, Elizabeth Peabody adalah seorang penulis, guru dan pendiri sekolah anak usia dini pertama di Amerika serikat. Elizabeth membuat alat permaian untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak. selain menciptakan alat permaian, Elizabeth juga membuat tes bahas bagi anak usia dini yang bisa disebut PIET dan PPVT. PIET singkatan dari Peabody Individual Achievement Test. Kemdian PPVT Â singaktan dari Peabody Picture Vocabulary test.
Kemudian teori yang dicetuskan oleh Froebel. Beliau terkenal dengan ilmuan dibidang anak usia dini. disamping ilmuan beliau juga seorang pedagogik atau pendidik dan juga seorang gardener. Dalam teorinya Froebel menggunakan taman sebagai simbol dalam pendidikan anak usia dini. ibaratnya perkembangan anak seperti tumbuhan muda yang pastinya akan tumbuh dengan baik jika diberikan stimulus yang baik. Itulah teori yang dikemukakan oleh froebel dan beliau juga membuat permainan seperti kubus, silinder bola dari kayu.
Selanjutnya teori yang dikemukakakn oleh Cuisionaire. Menurutnya pemahaman anak-anak dalam matematika sangat sulit dipahamkan jika menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Sehingga beliau mencetuskan permainan belok yang digunakan untuk mengembangkan ketrampilan berhitung anak sehingga dapat meingkat dengan baik.
Mungkin itu saja yang bisa saja jelaskan dalam blog ini. semoga dapat bermanfaat ya...ketemu lagi di blog selanjutnya......