Mohon tunggu...
Febbi Shafa
Febbi Shafa Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

MAN JADDA WA JADDA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Awal Masuk Sekolah Selama Pandemi AUD Perlu Dikenalkan APE

21 September 2021   21:00 Diperbarui: 21 September 2021   21:01 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Awal Masuk Sekolah Selama Pandemi AUD Perlu Dikenalkan APE
Sumber: Kemdikbud

Akhir-akhir ini pemerintah memutuskan untuk mulai memperbolehkan anak-anak sekolah secara tatap muka dibeberapa daerah yang awalnya dilakukan secara daring di rumah. 

Tentu saja kepeutusan ini juga memberikan dampak ke pada anak-anak sekolah terutama bagi anak usia dini. Anak usia dini juga melalukan  proses pembelajaran di rumah secara online dan dengan adanya keputusan ini membuat anak harus beradaptasi dengan lingkungan barunya serta orang-orang yang ada disekitarnya.

Ketika anak masuk ke sekolah dan melakukan pembelajaran secara tatap muka mungkin ekpresi anak bisa senang atau ada yang belum mampu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. 

Oleh karena itu, agar anak mampu untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan baik perlu di dukung dengan alat permainan yang mampu untuk mengembangkan aspek perkembangan anak. 

Salah satu alat permaian yang sudah disedikan anak yaitu APE atau Alat Permianan Edukatif. Blog kemarin sudah membahas tentang pengertian APE. Nah, di pembahas kali ini akan lebih menerangkan tentang fungsi dan mafaat, kedudukan APE dalam pembelajaran, serta bentuk dan kriteria APE.

Pembahasan pertama tentang fungsi dan mafaat APE. Fungsi dan manfaat APE yang pertama yaitu anak dengan bermain APE mampu untuk melatih ketrampilan motoriknya, kemudian yang kedua disamping melatih motoriknya anak juga dapat melatih konsentrasinya, lalu yang ketiga dapat mengenal konsep logika sederhana saat bermain APE, keempat melalui APE anak mampu memahami sebab akibat, kelima anak juga mampu meningkatkan kemampuan berbicara baik verbal dan bahasanya, keenam yang paling penting anak juga mendapat pengetahuan atau wawasan APE, dan ketujuh anak dapat mengenal berbagai jenis warna, tekstur, dan bentuk memlalui APE yang dimainkan oleh anak.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai fungsi dan mafaat APE. 

Selanjutnya akan membahas tentang kedudukan APE dalam pembelajaran. berdasarkan fungsi dan mafaat yang sudah dijabarkan diatas dapat diketahui betapa banyak dampak positif APE terhadap aspek perekembangan anak. 

Oleh karena itu, APE memiliki kedudukan yang penting dalam pembelajaran karena anak juga dengan dibiasakan bermain APE akan menstimulus sistem saraf otak anak sehingga masa emas anak akan diidi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Setelah membahas kedudukan APE dalam pemebelajaran, yang perlu diketahui lagi mengenai bentuk dan kriteria APE. Jadi alat permainan edukatif tidak hanya sedekar media bermain saja, namun memerlukan bentuk dan kriteria yang sesuai dengan anak usia dini. didalam syarat dan kriteria APE memiliki syarat-syarat yang perlu dimiliki APE.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan